Sentimental Moods Featuring Vocals

Kamis, 26 Juli 2018, Info Band

Sengaja atau tidak, hampir semua personel Sentimental Moods melakukan aktivitas bermusiknya (baik saat performa, hingga berkarya) rata-rata sebagai hasil interaksi mereka dengan anak-anak. Baik para bujangan seperti Taufiq dan Amoroso, atau sang pengantin baru Acil, para personel SM yang sudah berkeluarga, memiliki anak, semuanya dekat dengan anak-anak. Bahkan Amoroso juga mengajar musik di sebuah sekolah dasar di Jakarta.

 

Maka bukan hal aneh bila muncul sebuah kepedulian pada anak-anak di antara delapan orang personel unit Ska asal Jakarta yang dikenal menyajikan komposisi-komposisi ska instrumental ini. Tentu saja secara spesifik mereka begitu terobsesi untuk ikut menyemarakkan kehidupan anak-anak Indonesia lewat musik. Dalam konteks SM, mempersembahkan lagu anak berwarna ska yang menggambarkan watak dasar anak-anak yang memang (seharusnya) selalu ceria, gembira, cerah, dan bermain. Dan ini bukan hal mudah buat SM, secara sebelumnya mereka belum pernah membuat lagu atau komposisi yang sengaja diciptakan untuk anak-anak.

 

Tapi bila semangat sudah berkobar, tidak ada hal yang tak mungkin bagi Daniel cs. Maka terciptalah sebuah lagu yang benar-benar menggambarkan anak-anak apa adanya. Bernyanyi, menari, bermain, suka cita, sedikit konflik remeh-temeh, saling mengganggu, tapi tetap akhirya semua bergembira. Istimewanya, lagu ini langsung didesain sebagai lagu bervokal. Istimewa karena jarang-jarang SM berkreasi secara musikal lewat komposisi bervokal.

 

Bahkan nama Bonita Adi seorang penyanyi senior yang dikenal memiliki range serta karakter vokal yang tak diragukan lagi, sudah muncul sebelum lagu tersebut tercipta. Gayung bersambut, tanpa banyak cingcong Bonita langsung mengiyakan permintaan SM padanya untuk mengisi lagu anak-anak gaya ska tersebut.

 

Begitu menyimak hasil rekaman lagu bertajuk Suka-Suka tersebut, para personel SM kegirangan dan puas di atas rata-rata. Dasar BM alias banyak maunya, dengan ide-ide liar khas SM, Yurie cs akhirnya memutuskan untuk sekalian membuat semacam mini album alias EP spesial. Sebuah EP berkonten seluruhnya materi bervokal. Diambil dari lagu-lagu cover bervokal yang sebelumnya pernah dirilis SM sebagai bagian dari EP-EP mereka sebelumnya. Maka kurasi langsung tertuju pada dua lagu cover yang cukup populer di kalangan audiens setia SM, hampir selalu mengisi playlist gig-gig SM, yakni Jembatan Merah karya Gesang dan Payung Fantasi karya Ismail Marzuki.

 

Dua komposisi cover ini tak hanya dimixing serta mastering ulang agar sesuai dengan karakter EP, namun juga diaransemen dan direkam ulang. Jembatan Merah versi SM tetap dipercantik melalui olah vokal istimewa seorang Aprillia Apsari dari White Shoes and The Couples Company. Sedangkan Payung Fantasi versi SM yang selama ini dikenal instrumental, khusus untuk mini album “Sentimental Moods featuring Vocals” ini diaransemen ulang oleh Wiro cs menjadi komposisi bervokal dengan bantuan biduanita bersuara alto, Novel Evelyn.

 

Maka EP spesial ini pun disesuaikan dengan dengan momen Hari Anak Nasional, tanggal 23 Juli di layanan musik digital Spotify, iTunes, Deezer, dan sebagainya. Selaras dengan semangat awal SM mempersembahkan sesuatu yang spesial pada anak-anak Indonesia. Plus tentu saja memberikan sajian refreshing yang berbeda dengan rilisan-rilisan SM sebelumnya, sebuah mini album dengan konten bervokal. Tenang brader dan sista, SM juga merilis mini album spesial ini secara fisik baik dalam bentuk CD dan kaset. Dirilis sekitar sebulan sesudah versi digitalnya. Kuy frens, kita berdendang!

Nocturn

Nocturn

Salah satu owner infopensi yang punya motto : "Brutal tapi takwa"
121 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

Merchandise Naif
Merchandise Naif
IDR 160.000
IDR 135.000