“The Tale Of Two Oranges (For Oppo Find X2 Series)”, Persembahan Adra Karim untuk Malam Penuh Kenangan dan Ketenangan

Rabu, 29 Juli 2020, Info Band

Adra Karim, musisi Indonesia yang dikenal karena kontribusinya di studio dan panggung bersama beraneka ragam proyek dan kolaborator yang eklektik, kali ini menjadi pusat perhatian dengan A Tale of Two Oranges. Pada album mini berisi enam lagu ini, yang dirilis secara digital pada 20 Juli 2020 dan menjadi musik latar untuk kolaborasi eksklusif dengan judul yang sama antara OPPO Indonesia dan Jo Malone London, Adra menampilkan kemampuannya dalam komposisi, aransemen dan produksi, serta permainan khas yang menjadikannya pemain piano, organ dan synthesizer yang banyak diminati dalam kariernya yang sudah berlangsung 23 tahun.

Mengingat pengalaman luas dan banyaknya rekaman yang melibatkannya untuk nama-nama seperti Barasuara, Andien, Isyana Sarasvati dan Humania maupun untuk band-band di mana ia tergabung seperti Tomorrow People Ensemble, Zatua dan Sic Mynded, mungkin Anda akan kaget kalau tahu bahwa The Tale of Two Oranges (For OPPO Find X2 Series) adalah album perdana Adra sebagai artis solo. Kenapa begitu? “Kurang percaya diri dengan materi sendiri,” kata Adra sambil tertawa.

Silakan berterima kasih kepada, chief creative officer OPPO, yang membantu mengakhiri penantian Adra untuk jalan sendiri. Ia meminta Adra menciptakan musik untuk The Tale of Two Oranges, sebuah paket eksklusif berisi smartphone OPPO Find X2 Pro dan parfum Orange Bitters dari Jo Malone London. “Semua berangkat dari gambar dan cerita yang diberikan mereka,” kata Adra. Bekerja dengan tenggat waktu juga ternyata membantu Adra, yang menggubah dan merekam The Tale of Two Oranges di studio rumahnya dalam waktu satu setengah bulan. Menurut Adra, “Bikin album solo sendirian tanpa deadline susah buat orang kayak gue!”

Singkatnya, The Tale of Two Oranges (For OPPO Find X2 Series) berisi musik latar instrumental untuk malam penuh kenangan dan ketenangan. Setelah “Open Curtain” yang riang membuka album, “You Look Stunning” menggambarkan kedatangan wanita berpenampilan memukau yang kemudian menjadi pusat perhatian di saat ia menikmati malam di sebuah kelab jazz pada “Night at the Club”. Usai berhura-hura, ia pulang untuk bersantai pada “Soft Landing”, lalu menikmati ketenangan bersama buku dan secangkir kopi di “A Time for Self”.

“Sebisa mungkin gue memasukkan semua unsur yang menurut gue perlu dan menarik untuk membuat lagu-lagu ini ada sentuhan karakter gue,” kata Adra.

“Ini jazz yang bisa dimainkan trio, digabung sound dari modular synthesizer.” Tambahnya.

The Tale of Two Oranges (For OPPO Find X2 Series) ditutup dengan “Sweet Orange”, satu-satunya lagu dengan vokal. “Mereka meminta lagu berlirik tentang jeruk manis, menaklukkan hari dan belajar dari masa lalu. Jadi gue membuat lagu tentang bagaimana pahitnya jeruk membuat manisnya lebih bermakna, seperti halnya masa pahit dalam hidup membuat masa indah lebih bersinar.” Vokal “Sweet Orange” diisi oleh Tanya Ditaputri, penyanyi dan pencipta lagu yang juga adalah gitaris di band Fleur! Menurut Adra, “Kami sudah sering kerja bareng dan cocok, jadi gue minta dia isi vokal dan aransemen vokalnya.”

Walau asal usulnya tak terduga, Adra Karim bangga dengan The Tale of Two Oranges (For OPPO Find X2 Series) sebagai album solo perdananya. “Karena atas nama gue, gue dorong diri agar enggak membuat karya asal jadi,” katanya. “Semoga diterima di kuping masyarakat.”

Words by Hasief Ardiansyah.

 

Fahri Ramadhan

Fahri Ramadhan

Anak baru dengan jiwa lama.
53 kali dibaca
Bagiin ke temen

Upcoming Event

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000