2021 Pensi dan Festival Kembali Diadakan?

Selasa, 23 Februari 2021, Artikel

Penyebaran virus COVID 19 yang meluas di berbagai negara mempengaruhi dunia hiburan. Beberapa konser yang sudah dijadwalkan terpaksa ditunda atau bahkan dibatalkan tanpa diketahui kapan akan kembali digelar. Begitupun di Indonesia. Awal tahun 2020 yang semula normal tanpa kendala tiba-tiba terhenti mendadak karena kondisi yang tidak memungkinkan.

 

Kegiatan berskala besar ditunda untuk mencegah potensi penularan corona, yang disebut ditunda oleh penggagas kegiatan dengan sukarela. Terlebih melihat dari rasio keramaian, jumlah penonton, lokasi dan layout kegiatan, asal panitia, performer dan pengunjung yang memungkinkan tidak berlakunya protokol kesehatan menjadi pertimbangan untuk tidak diadakan nya Pensi dan Festival di 2020. Rasa kecewa harus ditelan oleh semua pihak.

 

Antusiasme untuk menghabiskan waktu bersama teman selalu dibayangkan setelah membeli tiket konser musik yang sudah lama ditunggu-tunggu namun di batalkan memang mengecewakan. Banyak pihak yang merasa rugi dan kehilangan penghasilan karena kondisi yang terjadi saat ini.

 

Seperti pekerja seni yang kehilangan panggungnya, ada pula yang banting setir menjadi pengusaha di bidang makanan karena untuk menghidupkan keluarga, ada juga menjual barang pribadi agar mendapatkan penghasilan.

 

Perlahan bangkit kembali, pensi atau festival kembali diadakan dengan daring atau virtual dengan melakukan evaluasi dari yang sudah diadakan. Seperti Synchronize Fest 2020 yang sukses dilakukan daring bahkan di tayangkan di stasiun televisi. Menjadi sebuah inspirasi untuk promotor juga para panitia pensi yang ingin melaksanakan pensi namun diadakan secara virtual baik secara tapping atau live. Walaupun tampak seperti berada di konser secara langsung, namun pengalaman nge-gigs pun juga jadi hampa alias tidak ada.

 

Karena tidak merasakan euphoria berada di sekitar orang yang sing a long, sibuk merekam, atau bahkan moshing dan crowdsurfing. Namun, harus kita syukuri, dengan diadakannya kembali pensi dan festival ini sudah cukup membayarkan kerinduan yang dialami. Kondisi yang perlahan membaik ini belum bisa membuat pensi dan festival kembali diadakan karena memiliki resiko yang banyak, tidak bisa kita serahkan kepada promotor yang akan bertanggung jawab atas semua resiko yang terjadi.

 

Jadi, Konser virtual itu merupakan jalan tengah untuk kondisi yang terjadi saat ini. Di awal 2021 sudah ada konser yang diadakan virtual dan masyarakat sudah mulai terbiasa hal yang dilakukan dari jarak jauh ini. Seperti terbiasa jauh dari orang yang dicinta, Entah kapan kondisi akan kembali seperti sediakala. Tetap berada di rumah dan support kegiatan yang ada ya! Kita sama-sama bangkit dan maju bersama untuk kondisi yang lebih baik. Jaga selalu kesehatan dan tontonlah konser di platform yang tersedia, dengan itu kamu sudah membantu untuk memutus tali penyebaran COVID 19.

 

ditulis oleh : @putrihaezaf

Photo : Mfathur

Nocturn

Nocturn

Salah satu owner infopensi yang punya motto : "Brutal tapi takwa"
752 kali dibaca
Bagiin ke temen

Upcoming Event

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000