45 Tahun Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Gelar Open House

Minggu, 27 September 2015, Artikel

Dalam rangka memperingati dirgahayu Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang ke 45 tahun, IKJ mengundang para calon pekerja seni terbaik Indonesia masa depan dan masyarakat untuk menghadiri, menyaksikan dan berpartisipasi dalam serangkaian acara di Kampus IKJ dan Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

 

Perayaan milad ke 45 tahun dan open house akan diramaikan oleh beberapa rangkaian acara menarik yang menampilkan portfolio dari berbagai fakultas dan almamater. Pengunjung open house diharapkan dapat menyaksikan, mengapresiasi dan memantapkan pilihan mereka untuk bidang seni yang akan mereka ambil nantinya saat berkuliah di IKJ.

 

Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa dan Fakultas Film dan Televisi akan menampilkan karya-karya mereka selain juga mengajak pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan para perupa dan mahasiswanya.

 

Institut kesenian pertama di Jakarta ini menawarkan jenjang pendidikan tinggi bergelar sarjana bidang seni khusus melalui Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, Fakultas Film dan TV, serta pasca sarjana bidang Seni Urban dan Industri Budaya yang terbuka untuk para lulusan dari SMA/K.

 

Program Acara Open House IKJ

 

Acara Open House IKJ akan dibuka untuk calon mahasiswa lulusan SMA/K dan masyarakat umum dan mereka yang ingin mendalami seni untuk mendapatkan gelar Pasca Sarjana.

 

Open house akan berlangsung pada 5 - 6 Juni 2015 dari pukul 10.00 - 18.00 WIB. Pengunjung dapat melakukan kunjungan/tur ke kelas dan studio dalam fakultas-fakultas di IKJ yaitu fakultas-fakultas:

  1. Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) program studi Tari, Teater, Musik, Etnomusikologi, dan Antropologi Tari.
  2. Fakultas Seni Rupa (FSR) program studi Seni Murni, Desain Interior, Desain Mode, Desain Komunikasi Visual, dan Kriya. - Fakultas Film dan TV (FFTV)
  3. Sekolah Pasca Sarjana IKJ dengan konsentrasi studi pada Seni Urban dan Industri Budaya.

Selain tur dan kunjungan ke dalam kampus, open house akan dimeriahkan dengan berbagai workshop seni yang berlangsung pada tanggal 6 Juni 2015 dan menggelar topik-topik menarik dan interaktif yang akan difasilitasi oleh:

 

Fakultas Seni Rupa:

workshop screen printing, sablon di atas kaos, model furniture,  drapping, lukis di atas kanvas dan action figure, eksplorasi T-Shirt,3D, keramik (hand bulding), workshop kayu dan workshoptekstil "Shibori.

 

Fakultas Seni Pertunjukan:

workshop tari hip-hop, pantomim, gendang dan tehyan Betawi serta ensemble perkusi.

 

Fakultas Film dan TV:

workshop simulasi produksi film dan foto produk/model.

 

workshop video mapping dengan tema Immersive Technology dan Penerapan pada Seni Pertunjukan dan workshop ketubuhan dalam teater/seni pertunjukan.

 

Festival Seni

 

Tidak ada ulang tahun yang berkesan tanpa perayaan, maka pengunjung selain mendapatkan pemaparan sisi edukatif akan pula mendapatkan pengalaman budaya melalui Festival Seni IKJ yang akan menampilkan beragam pertunjukan seperti tari, teater, lenong, musik dan pameran, pemutaran film serta bazaar seni, pameran karya seni rupa, diskusi film dan talkshow mengenai pendidikan seni di IKJ untuk dunia kerja di masa depan.

 

HUT Institut Kesenian Jakarta, 25-27 Juni 2015

 

Hari Ulang Tahun IKJ yang ke 45 ini akan dimeriahkan oleh perayaan yang diadakan mulai 25 - 27 Juni 2015 di seluruh area Taman Ismail Marzuki. Perayaan ini akan menghadirkan berbagai pameran seni, bazaar, talkshow, lomba-lomba, dan pertunjukan yang melibatkan para siswa SMU, mahasiswa IKJ, almamater dan komunitas seni.

 

Festival seni budaya yang menarik akan memadati kalendar acara IKJ. Masyarakat diundang untuk mengapresiasi berbagai kesenian Indonesia yang menarik dengan rangkaian acara sebagai berikut:

 

Pameran

-  Pameran Komik BIKINI, 25 TAHUN Bikin Komik Di Cikini di Galeri Cipta III  TIM dari 22 - 29 Juni.

- Pameran Seni Internasional Kerjasama FSR IKJ dan Sookmyung University Korea  Beyond Border in Art Indonesia dan Korea di Lobby Teater Jakarta TIM

- Pameran foto karya Kassian Chevas di Lobby Teater Jakarta TIM

 

Lomba-lomba

Perlombaan kreatif untuk para pelajar SMU oleh FSR IKJ berupa:

- Lomba Fashion pada hari Kamis, 25 Juni di Lobby Teater Jakarta TIM

- Lomba Lukis pada hari Sabtu, 27 Juni di Lobby Teater Jakarta TIM

 

Talkshow

 

Program Pasca Sarjana IKJ akan memfasilitasi talkshow bertemakan "Urban Arts Forum" dengan beragam topik dan narasumber dengan tema:

- "Pendidikan Seni Urban untuk Semua" oleh Ubiet Raseuki, Ph.D, Ketua Program Studi Pasca IKJ

- "Tidak Hadir Karena Bekerja di Rumah" oleh Ari Dina, Video Artist alumna FFTV IKJ

- "Pisau, Konsumsi, dan Identitas: Kajian terhadap Aktivitas Komunitas Penggemar Pisau di Jakarta"    oleh JuangSolala Laiya.

 

Bazaar

 

Bazaar dari FSR IKJ di plaza Teater Jakarta, 25 - 27 Juni 2015 dari pukul 13.00 WIB.

 

Pertunjukan

 

Bidang Pengabdian Masyarakat IKJ menampilkan Pentas Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan Komunitas Sanggar Akar di Teater Jakarta.

 

Syukuran

 

Acara puncak HUT IKJ akan berlangsung pada hari Jumat, 26 Juni mulai pukul 15.30 - 17.30 WIB di Teater Jakarta berupa syukuran 45 tahun Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dipimpin Rektor IKJ Bapak Dr.Wagiono Sunarto M.Sc serta para Pejabat Pemerintah RI, Civitas Akademika IKJ dan para sahabat IKJ yang selama ini terus mendukung dan bekerja sama dalam kemajuan pendidikan dan pengabdian masyarakat IKJ.  

 

Untuk informasi lebih lanjut: Hendra Bagya Nooryadin

Publisis & Media Relasi 0812 1970 5715

Adminymous

Adminymous

Disitu ada pensi, disitu pasti ada kita.
2263 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

T-Shirt Murder Miles Throat
T-Shirt Murder Miles Throat
IDR 160.000
IDR 135.000