7 Kelakuan Pengamen-Pengamen yang Sering Kita Temui

Senin, 30 Mei 2016, Artikel

Source : Google Image

 

Ngamen adalah kegiatan memungut dana berupa uang atau rokok dengan cara memberikan jasa berupa persembahan dari si pengamen baik itu berupa jasa lagu, siraman rohani atau hiburan lainnya.

Di Indonesia terutama Jakarta, gampang banget nemuin pengamen-pengamen yang melakukan aksinya di bus atau di warung angkringan pinggir jalan. Mereka ini bermaksud menghibur kita semua agar kita ini senang. Tapi kenyataannya malah kita banyak merasa terganggu dengan tingkah laku mereka yang makin sini makin aneh. Inilah kelakuan-kelakuan pengamen yang sering kita temui :

  1. Si Apa adanya
    Mungkin gampang aja nemuin pengamen yang menggunakan kecrek dari tutup botol yang di gepengin atau cangkang yakult bekas yang di kasih kerikil agar ada bunyi suara untuk mengiringi dia bernyanyi. Tapi sering kali kita nemuin pengamen yang gak mau keluar efford lebih. Hanya bermodalkan suara dan tepukan tangannya sendiri. Biasanya pengamen ini dari kalangan anak-anak kecil di bawah umur. Iya,sih. Harusnya anak kecil tidak boleh di pekerjakan apalagi disuruh ngamen.

  2. Si Ribet
    Berbeda dengan yang ngamen Cuma pake tepukan tangan sendiri. Ada juga yang ribet dengan alat-alat music yang kebanyakan. Apalagi kalau dia ngamen di bus. Biasanya mereka ini gerombolan atau group paling banyak empat orang masing-masing membawa alat musik. Ada gitar, galon, bass betot dan drum portable. Ngalangin gue kalo mau lewat!

  3. Si Nyindir
    Yang kita harapkan dari pengamen adalah kita terhibur dan senang. Berapapun uang yang akan dikasih sebetulnya nggak akan jadi masalah. Tapi si kampret ini pasti sering kita temui apalagi di bus-bus.

    “Itulah sebuah tembang yang dapat saya sampaikan om, tante, pa haji dan ibu hajinya”
    awalnya kita di sanjung dulu dengan panggilan haji.

    “Mohon ke ikhlasannya untuk membantu pengamen, apasalahnya berbagi rezeki. Yang pake headset dan pura-pura nggak denger semoga selamat sampai tujuan”. Mulai nyindir sekaligus mendoakan yang aneh gitu.

  4. Si Kepepet
    Semua orang perlu uang, juga saking kepepet nya apapun mereka ingin lakukan asalkan Halal salah satunya yaitu jadi pengamen. Tapi kalo gak punya skill main gitar kayanya gak usah deh. Gue sering nemuin dimana pengamen mainin gitar tapi kunci gitarnya gak jelas dan disitu-situ aja. Nadanya gak berubah. Lagu dan chord gitar gak nyambung sama sekali karna chord nya ngasal. Rasanya tuh kek pengen "Ah udah.. udah bang. Gue yang main gitar elo yang nyanyi deh!"

  5. Si Strategi kemanusian
    Strategi kemanusiaan ini sebenernya tidak pernah gagal untuk diterapkan di Indonesia. Tapi semua orang sudah tau trik ini. Seperti kita sering nemuin pengamen yang lusuh, gendong anak kecil lalu nyanyi lagu religi. Di akhir penutupnya dia bilang “Seribu dua ribu tidak membuat anda menjadi miskin, apa salahnya saling membantu”. Kalau udah bawa-bawa hal kaya gini, pasti bawaannya kita pengen ngasih aja.

  6. Si Maksa
    Pada saat naik bus, hal yang nggak nyaman itu ketemu pengamen yang nyanyi nya jelek tapi maksa minta di bayar padahal tangan udah ngasih tanda kalo ‘sorry gue gak akan ngasih’. Si kampret tetep aja ngasongin plastic pungutannya beberapa detik.

  7. Si Nyekill
    Sebenernya yang kita harapkan dari pengamen itu kita terhibur. Kalo ketemu pengamen yang suaranya bagus, nggak mengganggu, tidak memaksa dan tidak ngeribetin baru kita nyaman. Dari semua kelaukan pengamen di atas ini yang paling patut di contoh yaitu pengamen berbakat. Tidak Cuma bagus suaranya, terkadang di akhir suka nyekill sama gitarnya. Biasanya doi berdua bawa gitar lalu saling ngisi gitu. Ini baru Pengamen.

 

Itulah 7 kelakuan-kelakuan pengamen di Indonesia. Walaupun begitu kita harus tetep menghargai dan memberikan apresisasi kepada mereka agar gak jadi pengamen terus dan jadi musisi yang sebenarnya. Oh iya, apa lagi ya kelakuan pengamen yang pernah kalian temui? Tulis di kolom komentar ya. Cheers!

Cullen

Cullen

Seorang programmer yang menghindari sinar matahari dan darah manusia.
2173 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

T-Shirt Murder Miles Throat
T-Shirt Murder Miles Throat
IDR 160.000
IDR 135.000