BAND-MAID, band JRock yang Lagi Naik Daun dan Siap Tampil di Indonesia

Senin, 09 Juli 2018, Info Band

Kalau kamu suka nonton YouTube dan kebetulan dengerin lagu-lagu band Jepang, pasti pernah deh kamu melihat nama band bernama BAND-MAID. Yap, BAND-MAID ini merupakan band rock Jepang yang lagi naik daun, nggak cuma di Jepang, tapi juga di beberapa negara lainnya.

 

Apa yang ada di benak kamu kalau mendengar nama maid café? Di bayangan kamu mungkin cewek-cewek imut yang menjadi maid (pelayan) di sebuah kafe. Dengan wajah yang moe, mereka mampu memengaruhi pembeli. Namun, gimana jadinya kalau cewek moe ala maid café ini membentuk band? Inilah yang menjadi nilai jual BAND-MAID.

 

Awalnya cuma berempat

Dibentuk pada Juli 2013 dengan nama BAND-MAID®. Awalnya, formasi band ini hanya beranggotakan empat orang. Dalam sebuah interview, saat itu Miku, sang gitaris dan vokalis, mengajak Kanami, yang sekaligus membawa sang drummer, Akane. Akane-lah yang menjadi additional drummer ketika Kanami sedang manggung saat masih bersolo karir. Lalu, Akane menyarankan Misa untuk diajak bergabung sebagai bassis karena udah saling kenal semasa di sekolah musik.

 

Pada 24 Juli, mereka berempat memulai live perdananya di PP Audition yang diselenggarakan di Osaka Deep. Saiki menjadi anggota kelima BAND-MAID lewat sebuah audisi pada Agustus di tahun yang sama. Di bulan yang sama, kelima anggota BAND-MAID perform di P Festival di Shibuya AX.

 

Sejak formasi lima orang, BAND-MAID sering manggung di beberapa venue di daerah Tokyo. Debut mini album mereka dirilis pada Januari 2014. Dalam mini album ini, mereka berkolaborasi dengan musisi Masahiko Fukui dan Kentaro Akutsu.

 

Pada Agustus 2014, BAND-MAID merilis single indie mereka berjudul “Ai to J?netsu no Matador”. Menyusul pada November 2015, mereka merilis album indie bertajuk New Beginning. Meski berlabel indie, album ini mampu menembus peringkat 7 dalam chart Oricon. Maid cafe kawaii yang ngerock ini kemudian menggelar tur promosi album di beberapa venue di Tokyo hingga Februari 2016. Bahkan, tiket tur mereka sempat sold-out. Pada Maret 2016, mereka tampil pertama kali di luar negeri dalam event Sakura-Con di Seattle, Washington.

 

Tepat April 2016, mereka menghapus ® dari nama band. BAND-MAID kemudian bergabung  dengan major label Nippon Crown yang merupakan sublabel dari Crown Stones. Mini album debut mereka di major label bertajuk Brand New MAID yang mampu menembus peringkat 19 di chart Oricon. Pada Oktober hingga November 2016, mereka menggelar tur dunia untuk pertama kalinya sampai ke Meksiko, Hong Kong, dan enam negara di Eropa.

 

Pada awal 2017, mereka akhirnya merilis album perdana bertajuk Just Bring It, yang didahului lewat single YOLO. Single tersebut pun berhasil masuk chart Oricon meski di luar 20 besar. Sementara, Just Bring It mampu menembus peringkat 16. Karir mereka pun juga terus naik karena ikut turut hadir dalam event Golden Melody Awards & Festival di Taiwan pada 23 Juni lalu.

 

 

Unik karena image maid cafe 

Image BAND-MAID emang berasal dari maid café. Di sebuah wawancara dengan Jame World, mereka menjelaskan kalau konsep band ini berasal dari Miku. Founding member ini sebelumnya bekerja di  Noodol Cafe di Akihabara. Tema maid café pun dipertahankan mereka sampai saat ini.  Mereka menyebut fans mereka dengan sebutan khas maid café yang melayani pelanggannya. Goshujin-sama untuk cowok dan Ojou-sama untuk cewek, sementara konser mereka dinamakan sebagai okyuji (layanan).

 

Meskipun berlatar maid café, ternyata band ini nggak mau terpukau dengan image maid café yang imut. Dikutip Team Rock, kesan imut yang ada pada maid café seolah hilang dengan genre musik yang mereka usung yaitu rock dan metal. Saiki direkrut sebagai anggota kelima agar dapat memadukan dua jenis vokal dalam band ini. Makanya kalau kamu dengerin mereka, pasti bakal melihat sosok maid cafe yang "sangar".

 

Kalau kamu mau berkenalan lebih lanjut sama BAND-MAID, kamu bisa baca ulasan lengkapnya di website JoyPixel.id ya guys!

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
29 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

Merchandise Naif
Merchandise Naif
IDR 160.000
IDR 135.000