Berkenalan dengan Teen Titans, Jagoan Remajanya DC Comics

Senin, 09 Juli 2018, Artikel

Pada 2018 ini, DC Comics resmi mengangkat salah satu lini komik legedaris mereka, yaitu Teen Titans, ke layar kaca dengan judul Titans. Serial live action ini nantinya akan ditayangkan di layanan streaming terbaru milik DC yang diberi nama DC Universe. Kalau kamu belum familiar, kali ini kami sih memang mau bahas sejarah Teen Titans.

 

Kamu mungkin nggak terlalu asing sama kelompok superhero remaja satu ini bukan? Apalagi kalau kamu pernah nonton serial animasinya di salah satu televisi swasta di Indonesia era-2000-an awal. Tapi kamu tahu nggak kalau tim yang ada di serial animasi dan serial live action nanti sebenernya bukan roster asli Teen Titans?

 

Sepanjang sejarah Teen Titans, DC udah berulang kali mengotak-atik lini komik Teen Titans beserta para anggota yang ada di dalamnya. Nah, kali ini kami mau ngajak kamu buat kenalan sama kelompok superhero remaja ini. Check this out guys!

The origin

Sejarah Teen Titans ini dimulai di komik The Brave and the Bold #54 yang terbit pada 1964 yang ditulis oleh Bob Haney dan Bruno Premiani. Dalam komik ini, dikisahkan kalau Robin (Dick Grayson), Kid Flash (Wally West), dan Aqualad (Garth) harus bekerja sama untuk mengalahkan penjahat super yang bisa mengendalikan cuaca, Mr. Twister.

 

Nama Teen Titans sendiri baru muncul dalam The Brave and the Bold #60 yang terbit pada Juli 1965. Dalam komik ini, Donna Troy alias Wonder Girl resmi bergabung dengan kelompok ini. Keempat member inilah yang kemudian menjadi founding members dari kelompok remaja super tersebut. Nggak sampai enam bulan kemudian, Januari 1966, kelompok superhero sidekick ini pun memiliki lini komik mereka sendiri, Teen Titans, yang ditulis oleh Bob Haney dan Nick Cardy.

 

Dalam Teen Titans #19, mulai terjadi perubahan anggota dalam tim ini. Aqualad meninggalkan kelompok ini dan digantikan oleh Speedy, sidekick Green Arrow. Lalu secara berurutan, sang pembaca pikiran Lilith Clay, petinju Mal Duncan, duo Hawk dan Dove, serta Gnarrk sang manusia gua resmi bergabung menjadi tim inti.

 

Seri original Teen Titans ini bisa dibilang merefleksikan isu nasional yang terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1960an-1970an. Misalnya aja kasus-kasus diskriminasi rasial hingga demonstrasi anti Perang Vietnam. Sayangnya, seri original ini harus berhenti di issue #43, Januari 1973.

 

Tiga tahun kemudian, DC memutuskan untuk melanjutkan serial para sidekick ini. #44 terbit pada November 1976 dan langsung memperkenalkan Bumblebee sebagai anggota terbaru. Issue ini juga memperkenalkan tim Titans West yang beranggotakan Bat-Girl (Betty Kane) dan Golden Eagle.

 

Kebangkitan Teen Titans ini nggak berlangsung lama, kisah original superhero remaja ini pun berakhir di issue #53 (Februari 1978). Dalam edisi terakhir ini, para Titans – yang udah mau masuk umur 20an – menyadari kalau mereka udah lebih besar dari kelompok superhero ini dan memutuskan untuk membubarkan diri.

 

Untuk baca artikel lebih lengkapnya, kamu bisa cek kanal JoyPixel.id di sini ya guys!

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
17 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

Merchandise Naif
Merchandise Naif
IDR 160.000
IDR 135.000