Esensi Sebuah Pensi

Minggu, 27 September 2015, Artikel

Info Pensi - Pentas seni sekolah dari tahun ke tahun udah jadi semacam kewajiban buat para penghuninya. Semacam budaya yang harus dilestarikan sih, tepatnya. Tujuannya selain pamer kreativitas, juga pamer kekerenan nama sekolah. Yang dipamerin sih, bagus, kreativitas warga sekolahnya. Bukan pamer otot yang berujung tawuran. Alay banget sih, asli!

Beruntung lah anak-anak sekolah jaman sekarang, dengan semakin majunya teknologi dan media nggak perlu lagi repot-repot keliling jalanan dan tempel poster di sana-sini atau sudut-sudut jalan raya. Cukup di Path, Twitter, atau Instagram buat pamer pensinya masing-masing dan mengundang anak-anak sekolah lain buat ikut seru-seruan di pensi sekolahnya.

Cuma ada satu yang mesti diinget dan dipahamin nih, buat anak-anak sekolah yang ngadain pensi. Inget tuh kita bikin pensi buat apa. Jangan sekedar buat eksis, terus surplusnya dipakai buat foya-foya. Kalau tujuannya buat eksis atau sekedar nerusin budaya senior sih mending nggak usah. Kalau emang punya tujuan yang jelas seperti bikin charity event, it's okay and it's far better than just make a party. Seru-seruan iya. Bikin deket temen-temen sekolah yang jauh iya juga. Bikin jadian sama gebetan iya juga.

Tapi kalau habis pensi kelar nggak ada kelanjutannya dan sekedar buang duit aja, duh, nggak banget. Ada beberapa sekolah yang setiap pensinya selalu ada gerakan yang nggak sia-sia. Seperti SMA Pangudi Luhur Jakarta dan SMA Al-Azhar BSD. Singkat cerita setiap kelar pensi yang megah dan mewah, mereka menyumbang sebagian dana surplusnya ke sebuah desa untuk membangun penyaringan air bersih (PL Fair 2014) atau juga menyumbang sebagian dana untuk membantu kehidupan sehari-hari para veteran perang Indonesia (Alseace 2015).

Kadang kita cuma mau senengnya aja. Cuma mau kita sukses ngadain pensi gede aja dan pamer ke sekolah lain doang, tapi ya nggak ada esensinya. Pensi yang keren itu nggak sekedar pensi yang guest star-nya keren-keren dan ngundang massa banyak, tapi juga yang punya tujuan jelas buat apa pensi itu digelar. Seperti setelah pensi kelar diselenggarakan, nantinya dana yang terkumpul dari penjualan tiket dan kawan-kawannya akan disumbangkan untuk charity event. Misalnya! It's your choice now, bikin pensi buat sekedar buang duit aja atau mau sekalian punya investasi kebaikan buat masa depan kalian sendiri.

Satria Perdana

Satria Perdana

Reporter rubrik School di HAI Magazine. Selain hobi motret mainan, juga lagi seneng kembali memainkan game RPG, serta bergaul dengan para musisi emo.
1505 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

T-Shirt Murder Miles Throat
T-Shirt Murder Miles Throat
IDR 160.000
IDR 135.000