Handmade, buah kedewasaan Raisa Andriana

Kamis, 14 April 2016, Review

Jakarta, 14 April 2016

 

2 minggu yang lalu, kami dihubungi oleh Manager Raisa, Mas Adry Boim perihal V.I.P Session untuk album terbaru Raisa. Kami sangat kaget sekali, karena siapalah kami sebuah media pelajar dan remaja kecil yang diundang mendengarkan pertama kali album dari seorang solois pop perempuan yang menjadi fenomena 5 tahun belakangan ini. Di artikel ini kami tidak membahas detail dari segi produksi, arasemen ataupun musikalitas dari seorang Raisa karena ada yang lebih penting yang harus kami bagi, berbagi rasa.

Di dalam Handmade ini berisi 11 lagu yang 8 lagu diantaranya Raisa sendiri yang menulis liriknya dan sebagian besar diaransemen bersama Haris ( Keyboardist, dan semoga tidak salah eja ). Album ini  diawali oleh sebuah interlude sebagai pembuka, sebelum kita kaji lagu demi lagu di dalam album Raisa, kali ini kami ingin mengutarakan jika kami sudah sering diundang untuk sekedar jumpa media namun baru kali ini kami tahu jikalau sosialita juga turut diundang, semoga rasa mereka mahal terhadap album ini; semahal tas & kamera mirrorless yang mereka bawa.

  1.        Kali Kedua

 Lagu ini diciptakan oleh seorang yang aku & Raisa kagumi, sang novelis yang karyanya menemani tidur malamku waktu kuliah karena dulu pacarku suka novelnya, Dewi Lestari. Dewi Lestari menghubungi Raisa setelah ia melihat postingan foto terbarunya di Instagram lalu terjadilah percakapan di televon, “Raisa, aku baru melihat postingan kamu, aku buatkan lagu ya” tutur Dewi Lestari dengan jantung berantakan Raisa menjawab “Boleh..mba”. Lalu terciptalah Kali Kedua dari hasil foto instagram Raisa, Dewi Lestari memang jenius. Kalau aku melihat foto Raisa, bukan inspirasi yang datang tapi….ehem…ehem….

 

  1.        Percayalah Feat Afgan

Kalian mungkin sudah sangat akrab dengan lagu ini ya, di album Handmade ini lagu ini sengaja sedikit dirubah. Mungkin untuk menjaga agar album ini sedikit eksklusif yah.

 

  1.        Sang Rembulan

Sedikit gelap dan gloomy di lagu ini, lagu yang diciptakan Raisa ketika ia sedang menjalin hubungan dengan lawan jenis, tapi disaat yang sama pula ia merasakan bahwa ada yang salah dengan hubungannya, hmmm siapa yah laki-laki itu?yang pasti bukan Ilham Parulian Sukrai. Memang di album Handmade ini dipenuhi oleh bait-bait, lirik-lirik, dan aransemen yang sendu tapi didalam kesenduan, namun selalu ada kekuatan untuk menghapus sendu itu tersendiri di album ini.

 

  

  1.        Tentang Cinta

Didalam Handmade ini, inilah lagu yang paling fun dan ngbeat, sesuai dengan judulnya Raisa mengajak kita semua untuk menyebarkan benih-benih cinta dan memanen kedamaian. Karena hidup tentang cinta, dan karena cinta dari ibu & bapak kalian, kalian terlahir di dunia.

 

  1.        Jatuh Hati

Ada salah satu lirik yang paling dalem di lagu ini “ada ruang dihatiku yang kau temukan” semoga potongan liriknya tidak salah. Aku membayangkan betapa beruntungnya laki-laki menemukan hati Raisa, rasanya aku ingin mengatakan “Selamat ya bro, jaga Raisa baik-baik”. Jatuh Hati juga Raisa yang menulis liriknya, lirik yang murni dan jujur yang membuat ia menjadi bangga.

 

    1.        Letting you go

 

Ada pertemuan, ada pula perpisahan dan ketika berpisah sewajarnya semua harus terang benderang jangan diselimuti rasa salah yang menjadikan hati gelap gulita. Dan lagu ini yang kata Raisa “Lagu ini cewe banget” lagu ini sebenarnya diciptakan 2 tahun lalu yang didalamnya mengacu kepada nuansa music international.

 

  1.        Usai disini

“Kalau galau haru menghasilkan” canda Raisa untuk lagu ini, aku sangat cemburu dengannya, karena galauku selalu berujung keluh & kesah, karena galauku tidak terejakulasi dengan baik & benar. Memang lagu ini sangat mudah dicerna oleh semua orang, maaf tidak semua, karena Ardian Eka Putra pengecualian. Bercerita tentang seorang perempuan yang menunggu untuk ditambat hatinya, namun sang laki-laki tidak kunjung datang dan akhirnya sang perempuan letih dan meninggalkannya. Sekali lagi beruntung sekali laki-laki itu, mungkin yang menungguku di rumah adalah tukang laundry karena belum mengambil cucianku atau petugas internet bulanan yang menungguku untuk melunasi tagihan internet selama sebulan. Jangan membuat perempuan menunggu, jangan sampai ia mendendakanmu seperti tunggakan internet yang 3 bulan tak dibayar maka akan diputus.

 

  1.        Love you longer

Lagu ini ringan, seringan ucapan ibu kosan diakhir bulan. Lagu ini yang merupakan proyek asal 2 jam Raisa disebuah hari bersama Haris. Raisa asal-asalan aja jadi lagu yah, aku 2 jam bekerja asal-asalan mungkin sudah ditegur bos atau 2 jam ujian dan mengisi asal-asalan maka siap-siap tidak lulus kuliah.

 

  1.        Biarkanlah

Lagu yang diciptakan untuk seorang sahabat Raisa, bukan untuk Sahabat Dahsyat loh ya. Banyak cerita di lagu ini mulai dari lagu ini merupakan perpanjangan dari sebuah interlude di konser pemeran utama sampai tempat dibuatnnya lagu ini, di sebuah villa yang penuh akan kecoa. “Legowo, benar atau salah ga ada artinya” tegas Raisa.

 

     10.   Nyawa dan Harapan

 

Lagu yang paling aku suka, karena lagu ini penuh dengan nilai Kemanusiaan. Hari ini kita bisa melihat berbagai peristiwa pembunuhan, kerusuhan, pembakaran hutan, korupsi, dan berita-berita negative lainnya di jejaring social, yang membuat semuanya seperti biasa saja, yang membuat kita menjadi kebal akan kasih & saying sesama makhluk hidup. Raisa mengajak kita untuk berbuat baik, dan tidak bergantung kepada pemerintah, ataupun orang lain karena dengan menanam kebaikan hari ini, kita bisa memetik kebaikan di hari esok.

 

Sekali lagi selamat untuk Raisa atas album Handmadenya, semoga kita bisa berbagi lemper ayam di belakang panggung dan terima kasih juga untuk Mas Adry Boim beserta Management, Langit Musik atas undangan V.I.P session kali ini. Jaya terus musik tanah air.

Coutinho

Coutinho

Pemain Liverpool yang berbahagia di akhir pekan
1590 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

T-Shirt Murder Miles Throat
T-Shirt Murder Miles Throat
IDR 160.000
IDR 135.000