Mampukah Kita Berteman Baik dengan Emosi Negatif?

Sabtu, 06 Februari 2021, Artikel

Perasaan sedih, kecewa, dan marah merupakan hal yang seringkali dirasakan oleh setiap orang. Perasaan atau emosi negatif ini sebenarnya merupakan hal yang wajar, namun akan menjadi bumerang apabila kita tidak bisa mengendalikannya.

 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk berdamai dengan emosi negatif. Sebagai manusia dengan akal yang diisi oleh logika dan hati yang diisi oleh perasaan, tidak salah ketika kita memiliki bukan hanya emosi positif seperti perasaan senang, semangat, dan percaya diri, melainkan kita juga dapat merasakan emosi negatif seperti perasaan sedih, kecewa, putus asa, dan sebagainya.

 

Emosi negatif yang seringkali muncul merupakan hal alamiah yang datang dan jangan kita sangkal kehadirannya. Ambil kendali untuk mengontrol hal tersebut agar tetap pada porsi yang wajar. Di tahun baru 2021 ini, mari kita menata diri lebih baik lagi terutama secara emosional. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan yang mampu menjadi distraksi kita untuk menghalau emosi negatif.

 

Berikut terdapat beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan sebagai penunjang emosi yang stabil.

 

 

1.Berpikir dan bersikap positif

 

Ketika situasi buruk datang menghampiri, kita seakan tidak bisa berbuat sesuatu yang dapat mengubah situasi tersebut. Sesuatu yang bisa kita ubah hanya cara kita dalam memandang permasalahan tersebut secara positif, tapi bukan berarti dengan kita memandang masalah secara positif lalu kita mengabaikan emosi negatif yang kita rasakan.

 

Misalnya, kita merasa kecewa ketika mendapatkan kritik pada tugas yang telah kita kerjakan. Pada situasi ini, wajar bahwa kita merasa kecewa. Namun, setelah itu ada baiknya kita jangan berlarut dalam kekecewaan dan mencoba untuk melihat kritikan itu sebagai motivasi untuk kita melakukan tugas yang lebih baik lagi ke depannya.

 

2. Menghindari situasi yang dapat memicu munculnya emosi negatif

 

Emosi negatif dapat dicegah kehadirannya dengan menghindari segala situasi yang dapat menjadi pemicu munculnya hal tersebut. Misalnya, kita akan merasa insecure ketika berselancar di sosial media dan melihat orang-orang yang lebih dari kita dalam hal materi, maka kita bisa berhenti sejenak dari sosial media dan menenangkan diri dengan mencari lagi value apa yang kita punya, bukan hanya sekadar melihat materi apa yang kita punya. It’s okay to take your time, apalagi untuk mencari value lebih yang kita punya dan tidak dimiliki orang lain, karena hal itu akan meningkatkan kepercayaan diri kita.

 

 

3. Melakukan kegiatan yang menyenangkan

 

Dengan melakukan kegiatan yang menurut kita menyenangkan, itu dapat membawa pengaruh positif dalam kehidupan kita. Misalnya berolahraga. Selain menyenangkan, olahraga juga menjadi sarana untuk seseorang mengelola kondisi stres dalam dirinya dan juga baik bagi kesehatan mental apabila dilakukan. Misalnya olahraga yoga dan aerobik. Selain itu, kita dapat melakukan kegiatan yang menjadi passion dan hobi kita. Misalnya, bermain alat musik, belajar bahasa asing, mengikuti kegiatan sosial, serta kegiatan lain yang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Kegiatan-kegiatan ini menjadi salah satu cara yang baik untuk mengendalikan emosi dalam diri kita. Menjaga kesehatan mental merupakan hal yang penting karena akan mempengaruhi bagaimana seseorang mengendalikan dan menempatkan dirinya pada situasi tertentu.

 

Terlebih lagi, sejak awal pandemi tahun 2020 yang mengurung kita untuk selalu di rumah saja justru seakan menjadi ladang perasaaan stres yang terus berkembang, serta didukung dengan tugas yang semakin menumpuk. Pada akhirnya, hal tersebut mampu membuat kita seringkali terbawa emosi negatif dan sulit untuk mengendalikannya.

 

Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang telah dipaparkan di atas dapat menjadi solusi untuk kita lakukan di tahun 2021 agar mampu berdamai dengan segala keadaan yang akan datang dengan kondisi emosi yang lebih stabil.

 

Ditulis oleh : Petty Razkia Robiula

Photo oleh  : Rendra Heryandik

 

Nocturn

Nocturn

Salah satu owner infopensi yang punya motto : "Brutal tapi takwa"
137 kali dibaca
Bagiin ke temen

Upcoming Event

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000