Manusia Dalam Tanda Tanya, Single 'Religi' Bangkutaman

Minggu, 03 Juni 2018, Info Band

Berkaca dari situasi yang terjadi saat ini di Indonesia, Bangkutaman seakan keluar dari pakem mereka yang biasanya dengan meluncurkan single bertema religi. Tepatnya di tengah bulan Ramadan 1439 H, grup band yang berdomisili Jakarta ini resmi merilis single terbarunya berjudul Manusia Dalam Tanda Tanya.

 

Single religi yang pertama kali dibuat oleh Bangkutaman ini bermula di 2016 saat vokalis dan pemain gitar Acum baru saja meminjam sebuah gitar aneh dari Turki milik Rendi, bos label La Munai. Dengan tujuan karantina untuk menghasilkan karya, Irwin dan Acum menyewa sebuah studio selama satu minggu di Cibubur. Acum lebih banyak memainkan instrumen, sedangkan Irwin lebih pada menjadi operator untuk aktivitas rekaman dengan digital multi-tracker.

 

Waktu itu, konsep yang ingin coba dilakukan mirip dengan bagaimana The Beatles membuat White Album. Baik Irwin maupun Acum, masing-masing membawa materinya sendiri-sendiri dan mencoba untuk disatukan. Jika memang belum bisa disatukan, yang penting direkam dulu. Saz, nama gitar itu, punya suara yang unik. Nuansa Timur langsung kebayang begitu Irwin dan Acum mencobanya. Dari situ, satu-satu pun mulai terbentuk: sebuah intro gitar dan coret-coretan lirik.

 

“Seumur-umur, ini baru kali pertama Bangkutaman membicarakan soal ketuhanan. Semua dari kami bukanlah orang yang religius sih, tapi Manusia Dalam Tanda Tanya, judul single terbaru kami boleh dibilang adalah lagu paling religius yang pernah saya tulis,” jelas Acum.

 

Nggak heran saat single Bangkutaman ini jadi, lagunya terdengar sangat beda dengan materi-materi album sebelumnya. Seakan lepas dari pakem, Irwin mengaku Manusia Dalam Tanda Tanya sangat condong ke unsur spiritual.

 

Tapi menurut cerita mereka, lagu ini nggak langsung keluar. Mengendap lama sejak sesi Cibubur, muncul ide untuk kembali menyempurnakan lagu yang sederhana ini kembali muncul di 2018.  Alasannya tentu bukan karena aji mumpung mentang-mentang puasa, tapi lebih kepada peristiwa bom Surabaya dan aksi teror yang baru-baru ini mengagetkan kita semua, Indonesia juga dunia.

 

Baca selengkapnya dan cara mendengarkan lagu mereka di JoyPixel.id ya guys!

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
21 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

Merchandise Naif
Merchandise Naif
IDR 160.000
IDR 135.000