Musisi Indonesia Belum Dihargai Orang Indonesia Sepenuhnya

Minggu, 05 Agustus 2018, Artikel

Mungkin ketika kamu baca judulnya kamu bakal nyinyir atau bakal bilang saya sok tahu. Ya tepatnya nyinyir atau ngejulid deh ya. Tapi dari kacamata saya sendiri sih memang faktanya seperti itu. Musisi Indonesia memang belum sepenuhnya dihargai oleh orang-orang Indonesia sepenuhnya.

 

"Loh, tapi kan gue dengerin lagu-lagunya?", kalau kamu bilang seperti itu, baiknya saya tanya. Selain dengerin di layanan music streaming kayak Spotify dan JOOX, kamu beli nggak album musisinya di iTunes atau album fisiknya? At least mereka punya merchandise deh... Kalau nggak atau jarang-jarang, ya better next time beli deh. Karena kalau kamu membeli, berarti kamu udah bener-bener menghargai karya temen-temen musisi.

 

Kalau kehabisan album fisik atau merchandise lain ya berarti kamu memang belum beruntung. Dengerin aja lewat digital nggak apa-apa, tapi beli premium service di layanan music streaming-nya langsung, jangan pakai bot atau pihak ketiga ya!

 

Ah ya, kalau kamu ngomong "Setiap mereka manggung, gue selalu dateng kok!", nah saya tanya lagi. Kamu dateng terus ke acara yang gratisan atau yang berbayar? Kalau kamu lebih sering dateng ke acara yang gratisan, duh bener-bener kere banget sih kamu. Artinya kamu cuma mau nonton musisi kesayangan kamu tanpa menghargai karya mereka secara lebih. Alias kalau ada acara gratisan doang mau nonton.

 

Ya better bayar lah. Karena kalau kamu bayar, kamu udah support temen-temen kita yang mengundang musisi favorit kamu untuk manggung dan menghibur kamu, beserta orang lain yang juga suka. Artinya kamu udah bener-bener menghargai seluruh elemen yang terlibat dalam aksi panggung musisi idola kamu. Ya macem gini deh, "Ini musisi favorit gue manggung, gara-gara gue bayar acaranya!" yang artinya adalah kamu merasa terlibat dalam kehadiran musisi favorit kamu.

 

Menghargai karya musisi itu bukan sekedar dengerin dan nonton mereka, apalagi kalau serba gratisan. Menghargai mereka ya dengan membeli karya-karya mereka, mengundang mereka dengan harga proper, kalau mereka bikin acara berbayar ya kamu support dengan membeli tiketnya atau bahkan merchandise-nya.

 

Kalau kamu cuma mengandalkan gratisan, kayak menunggu acara gratisan yang biasa diadain sebuah perusahaan "berasap", ya artinya kamu nggak akan pernah tuh menghargai musisi idola kamu. Nggak usah ngaku-ngaku aja lagi deh ya.

 

Anyway, kalau ada di antara kamu yang baca dan merasa sebel atau pengen julidin saya, silakan. Semua orang bebas berpendapat. Saya dan kamu, bebas menyampaikan suara. Intinya dari sisi saya untuk masalah bagaimana kita harus menghargai musisi Indonesia, ya seperti yang udah dibahas di atas.

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
21 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

Merchandise Naif
Merchandise Naif
IDR 160.000
IDR 135.000