Parkdrive Kembali Lewat Single Berjudul Cahaya

Jum'at, 23 November 2018, Info Band

Parkdrive memulai debut mereka dengan album Selftitled pada Agustus 2005 silam. Single pertama Sekedar Cerita dari album tersebut langsung mendapatkan sambutan yang hangat dari para penikmat musik Indonesia. Hanya dalam waktu lima hari single tersebut berhasil menjadikan Parkdrive sebagai MTV Exclusive Artist di Agustus tahun tersebut.

 

Bahkan lagu Sekedar Cinta merupakan salah satu lagu yang sering diputar dan masuk ke top chart acara musik, baik TV maupun Radio. Single kedua mereka berjudul Kucoba dirilis pada akhir tahun yang sama dan mendapatkan respons yang baik juga dari para penggemar mereka.

 

Campuran antara Jazz, Pop, R&B, soul, funk dan Brazilian Rhythms yang mereka padukan membuat musik mereka dapat diterima di berbagai kalangan. Mereka sering ikut meramaikan berbagai macam acara termasuk yang bergengsi macam The Bali Jazz Festival 2005, Jazz Goes to Campus 2005, 2006, 2007 & 2010, JakJazz 2006 & 2007 dan berturut turut tampil di acara Jakarta Internationnal Java Jazz Festival dari 2005 sampai 2010.

 

Dalam perjalanan mereka Parkdrive pun sempat mengalami beberapa tantangan dan kendala, yang akhirnya membawa perubahan pada formasi band. Di pertengahan 2006, Mikuni Gani memutuskan untuk tidak aktif untuk sementara waktu, sehingga membuat Parkdrive harus berkolaborasi dengan beberapa vokalis yang berbeda pada saat itu. Pada akhirnya, Parkdrive merasakan kecocokan dengan Olivia Latuputty, seorang vokalis jazz muda berbakat yang kemudian resmi menjadi anggota band yang ke-4.

 

Di awal 2007, kerja keras yang telah mereka ciptakan atas album pertama yang mereka rilis secara indie dengan Demajors telah menarik perhatian dari major label Universal Music untuk melakukan kerjasama distribusi nasional, dan membuahkan sebuah album Repackage.

 

Album tersebut merupakan album sebelumnya ditambahkan tiga karya baru. Single berjudul Biarkan adalah sebuah karya acid jazz yang mencerminkan perkembangan gaya musik mereka. Di album ini mereka pun menampilkan versi akustik dari Di Atas Awan yang sangat menonjolkan kehandalan dari vocalist Olivia Latuputty, dan yang terakhir adalah sebuah club remix dari lagu mereka dengan judul Parkdrive dalam sebuah kolaborasi dengan DeepSound Community (Adroitz Music).

 

Kembali mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari penikmat musik, Pada Agustus 2007 Single Biarkan sekali lagi membawa Parkdrive sebagai MTV Exclusive Artist of the Month.

 

Tahun ini 2018, setelah lebih dari sepuluh tahun vakum dari Industri musik Indonesia, Parkdrive memutuskan bersama untuk menemukan kembali jejak langkah mereka. Parkdrive berkomitmen menyungguhkan segenap karya-karya baru mereka dan terus menantang maju performa dan musikalitas mereka.

 

Cahaya, single baru mereka yang ditulis dan dikomposisi oleh Parkdrive pada akhir November 2016. Pada waktu itu, issue mengenai Gubernur Jakarta yang sedang menjabat terkait penistaan agama telah menciptakan sebuah suasana yang mencekam di seluruh Indonesia. Banyak masyarakat yang sampai hari ini merasa bahwa hasil akhir dari persidangan tersebut sangat tidak adil karena dipengaruhi dengan kepentingan- kepentingan politik, dengan menyangkut-pautkan hal SARA.

 

Semasa itu, kemarahan publik nggak dapat dielakan dan perasaan yang negative ada di mana-mana. Negara seperti terpecah belah, masyarakat dari kedua kubu cukup vokal dengan pendapat mereka, yang sering kali dibumbui dengan berbagai emosi.

 

Keadaan yang menyentuh akibat insiden inilah yang membuat para anggota band merasa terpanggil untuk berkumpul kembali dengan sebuah tujuan menciptakan sebuah karya yang bisa menyinari aura positive terhadap tragedi yang telah terjadi. Terlahirlah lagu Cahaya. Lagu ini berbicara tentang kesetaraan dan ‘harapan’ masa depan yang lebih baik.

 

Di lagu ini Mikuni bekerjasama dengan Olive sebagai vokalis Parkdrive, menciptakan harmonisasi nada yang saling mengisi. Cahaya sendiri dirilis di seluruh platform music digital pada November ini dan juga menjadi salah satu lagu yang terpilih untuk album OST. A Man Called Ahok yang tayang di bioskop di bulan yang sama.

 

Beberapa musisi juga terlibat dalam pembuatan lagu Cahaya seperti Barry Likumahua, Kitut dan musisi-musisi lainnya. Parkdrive yakin lagu ini akan membawa energi yang positif dan kuat terhadap para pendengarnya dan bisa di terima oleh semua pecinta musik Tanah Air.

 

 

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
445 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000