Perkumpulan Pelajar Indonesia di Kota Newcastle, United Kingdom sukses membuat acara Discover Indonesia

Rabu, 30 Juni 2021, Artikel

'Discover Indonesia’ yang merupakan acara tahunan dari Perkumpulan Pelajar Indonesia di kota Newcastle, United Kingdom kembali diadakan secara online di tahun 2021. Bertujuan untuk mempromosikan kultur Indonesia secara internasional kepada masyarakat Inggris. PPI Newcastle mengusung tema “Jelajah” yang mempersembahkan berbagai kultur Indonesia melalui makanan, musik tradisional, pertunjukan teater drama, dan juga tari-tarian daerah khas Indonesia. ‘Discover Indonesia’ yang juga merupakan acara terbesar kedua di UK, tiap tahunnya selalu menarik penonton lebih dari 1000 orang, mereka ikut serta menyemarakkan acara tersebut. Namun, dengan adanya pandemi COVID-19 membuat ‘Discover Indonesia’ harus dilaksanakan secara online. Meskipun begitu, penonton tetap antusias dan menikmati event ini dari awal sampai berakhirnya acara.

 

Discover Indonesia’ dibagi menjadi dua bagian yaitu ‘Semarak’ dan ‘Retorik’. Semarak merupakan bazar yang diadakan dalam satu hari berlokasi di Newcastle University Tent yang merupakan daerah yang ramai dilewati oleh warga lokal. Hampir ratusan orang mengikuti bazar ini dan tentunya mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah Inggris. Komunitas pelajar Indonesia juga membagikan makanan Indonesia dan goodie bag secara gratis untuk mereka yang datang ke bazar tersebut.

 

Semarak Food Festival di Newcastle University Tent Source: Discover Indonesia 2021. ‘Discover Indonesia’ juga menampilkan pertunjukan drama teater bernama Retorik, yang merupakan acara utama dan berlangsung secara virtual pada 19-21 Juni 2021. Pertunjukan ini merupakan drama teater musikal yang dipadukan dengan tarian dan musik tradisional Indonesia yang berasal dari lima daerah berbeda dari Indonesia, diantaranya adalah Aceh, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Daerah-daerah ini dipilih untuk mempresentasikan keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Bercerita tentang seorang pria yang bermigrasi ke Inggris namun sebelum pergi dia ingin menghabiskan sisa waktunya untuk menjelajah Indonesia. Dia bertemu dengan seorang gadis bernama Annisa yang berakhir menemaninya berkeliling dan menjelajahi Indonesia bersama. Pertunjukan Tari Saman di Retorik Night, Discover Indonesia Source: Discover Indonesia, 2021.

 

Dibutuhkan kurang lebih 6 bulan dan 50 orang untuk mempersiapkan bazar dan pertunjukan teater drama musikal ini. Mulai dari konsep cerita hingga panggung dipersiapkan sendiri oleh para pelajar Indonesia dengan matang. Melihat tingginya antusias dari warga lokal United Kingdom dan juga audiens dari Indonesia, acara ini dapat dikatakan berjalan dengan sukses.

 

Sampai jumpa lagi di Discover Indonesia 2022! Untuk info lebih lanjut, follow Instagram @discoverindonesiancl dan @ppi_newcastleuk

Nocturn

Nocturn

Salah satu owner infopensi yang punya motto : "Brutal tapi takwa"
135 kali dibaca
Bagiin ke temen

Upcoming Event

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000