Podcast: Industri yang Semakin Menjanjikan

Jum'at, 04 September 2020, Artikel

Perkembangan podcast di Indonesia masih belum populer dibanding jumlah video yang di-upload ke situs YouTube. Seperti halnya pendengar radio, jumlah mereka tidak sebanyak mereka penonton televisi. Tapi, sekarang podcast mempunyai pendengar yang setia. Karakter podcast yang personal, membuat hubungan antarpendengar seakan menjadi akrab dan kadang memiliki nilai emosional.

Mengutip dari laman Bisnis.com, pertumbuhan pendengar podcast di Indonesia bisa menjadi pasar bagi konten daring. Diprediksi akan ada 2,2 miliar pendengar podcast per bulan di tahun 2024. Keuntungan bisnis podcast diprediksi akan terus tumbuh seiring kehadiran podcaster dan inovasi dalam siaran mereka.

Dari tahun 2019 sampai saat ini, di Indonesia sendiri sudah banyak pemain yang terjun ke dalam industri ini. Isi konten yang disajikan pun beragam, mulai dari obrolan seputaran lingkungan pertemanan, wawancara dengan sosok figur yang menarik, sampai pada perbincangan politik hadir mewarnai industri podcast.

Spotify sebagai media platform melihat potensi pertumbuhan yang sangat besar untuk podcast, terutama di pasar Indonesia. Pendengar di Indonesia mendengarkan podcast di Spotify lebih sering dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Lebih dari 20 persen pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan, lebih tinggi dari rata-rata global.

Menurut laporan Nielsen Februari 2020 mencatat bahwa jumlah pendengar podcast tumbuh lebih dari 3,6 juta. Bersamaan dengan itu, rata-rata jumlah episode yang didengar per minggu meningkat sebesar 10 persen. Tetapi keterlibatan podcast tidak hanya berkembang di kalangan pengguna berat. Total pemirsa podcast tumbuh pada tingkat pertumbuhan rata-rata gabungan sebesar 20 persen.

Potensi para kreator untuk meraih cuan lewat podcast makin tinggi, hal ini berorelasi dengan konsumen yang terus meningkat. Kreator dapat memonetisasi podcast dengan berbagai cara, di antaranya dengan sponsorship dan ad placements di dalam episode mereka.

Fahri Ramadhan

Fahri Ramadhan

Anak baru dengan jiwa lama.
244 kali dibaca
Bagiin ke temen

Upcoming Event

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000