POPCON Award untuk Film Indonesia, Konten Baru di POPCON Asia 2018

Selasa, 18 September 2018, Artikel

Gelaran POPCON Asia 2018 tinggal menghitung hari. Kamu tentu udah nggak sabar bukan buat dateng ke acara ini lagi? Apalagi sekarang gelaran satu ini punya POPCON Award untuk film-film Indonesia, konten baru yang memang pas untuk digelar tahun ini.

 

Pasalnya 2018 merupakan tahun yang spesial bagi industri perfilman Tanah Air. Dalam waktu tiga tahun terakhir, jumlah penonton Film Indonesia semakin meningkat. Total penonton Film Indonesia pada 2016 sudah mencapai 34,5 juta, atau meningkat lebih dari dua kali lipat dari 2015. Kemudian pada 2017 mencapai 40,5 juta. Pencapaian ini terus berlanjut di tahun ini, di mana jumlah penonton Film Indonesia sepanjang Januari-Agustus saja sudah tembus 36 juta!

 

Angka-angka fantastis ini didukung oleh hadirnya film-film Indonesia yang semakin unik dan menarik. Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (6,9 juta) dan Dilan 1990(6,3 juta) bahkan menjadi film terlaris sepanjang masa, yang hanya bisa dikalahkan oleh Avengers: Infinity War (7,9 juta).

 

Film adalah salah satu pilar POPCON. Sebagai acara terbesar di Indonesia yang merayakan pop culture, tentu saja film menjadi salah satu perayaan utama. POPCON Award untuk film panjang Indonesia, yang untuk pertama kalinya digelar, adalah usaha untuk melengkapi penghargaan-penghargaan bagi film Indonesia yang udah ada.

 

Ada lima buah kategori yang dihadirkan dalam POPCON Award untuk film panjang, yaitu Most Memeable Film, Idola Kawula, Best Duet, Best Horror, dan Best Product Placement. Di mana Dilan 1990Pengabdi SetanAyat-Ayat Cinta 2, Marlina Si Pembunuh dalam Empat BabakPosesifYo Wis Ben, dan Sebelum Iblis Menjemput menjadi beberapa judul yang masuk nominasi.

 

Selain penghargaan untuk film panjang, POPCON juga nggak lupa dengan film-film pendek dan web-series. Kategori yang tersedia untuk film-film Pendek dan Web-Series adalah Rising Filmmaker, Memorable Character, dan Outstanding Web-Series.

 

Baca artikel selengkapnya di kanal JoyPixel.id ya guys!

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
46 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000