Retrospektif Rossi Musik: Sejarah, Kontroversi, Gigs dan Skena Underground

Jum'at, 28 Agustus 2020, Artikel

Mereka yang berkecimpung di industri musik tentunya tidak asing dengan Rossi Musik. Berdiri kokoh di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan, Gedung ini merupakan sebuah venue yang aktif mewadahi gigs musik dari berbagai macam genre mulai dari pop, elektronik hingga Punk dan Metal. Ratusan gambar, coretan dan poster yang tersebar di sudut-sudut ruang juga menjadi ciri khas Gedung yang lekat dengan citra underground ini.

 

Menariknya, banyak orang yang tahu atau familier dengan Rossi Musik hanya sebatas venue atau gigs musik saja. Siapa sangka, gedung empat lantai ini memiliki sejarah panjang sebelum akhirnya dikenal sebagai salah satu venue musik bersejarah ibu kota? Berangkat dari gagasan tersebut, #RETROSPEKTRUM menghadirkan wacana yang lebih luas dan mendalam terkait sepak terjang Rossi Musik dari awal serta relevansinya sampai saat ini. #RETROSPEKTRUM adalah sebuah program yang membahas wacana umum, gagasan, tokoh, komunitas, lokasi atau produk melalui kacamata retrospektif dan dikemas dalam bentuk audio visual untuk kanal YouTube.

 

Pada episode pertama, #RETROSPEKTRUM menghadirkan Sayiba (Ibay, Kelelawar Malam) selaku Pemilik untuk menguak perjalanan Rossi Musik secara menyeluruh, seperti gagasan awal Rossi Musik dibangun, asal-usul nama “Rossi Musik”, alih fungsi gedung, sampai acara musik pertama yang diadakan di Gedung tersebut. Tidak tanggung-tanggung, wawancara ini juga menyoroti hal-hal krusial yang terjadi selama kepengurusannya seperti alasan Rossi Musik sempat tutup, penggerebekan oleh Ormas & Polisi, adegan baku hantam dengan senjata api, kontroversi rekaman lagu #2019GantiPresiden, hingga strategi pengelola Gedung dalam menghadapi situasi Pandemi Covid-19. Sebagai pemilik, Ibay menambahkan bahwa rekam jejak terhadap suatu hal entah itu komunitas, tokoh, atau lokasi yang memiliki nilai sejarah dan masih relevan sampai saat ini sangat penting dilakukan.

 

“Kita bisa belajar banyak dari sejarah. Dengan berkaca ke belakang, kita mampu untuk menjadi lebih baik di masa bisa belajar dan terinspirasi dari Rossi Musik untuk membuat tempat atau venue musik yang lebih baik lagi”, jelas Ibay.

 

#RETROSPEKTRUM: Rossi Musik Luar Dalam dirilis pada tanggal 31 Juli 2020 dan sudah bisa ditonton di kanal Youtube resmi Bejana. Tentang Bejana Bejana adalah Digital Content Creator yang mewadahi orang-orang dengan latar belakang berbeda dan memiliki tujuan yang sama, yaitu melihat segalanya melalui kacamata retrospektif.

 

Tidak lama setelah pembentukannya, Bejana langsung merilis #RETROSPEKTRUM episode pertama, Rossi Musik Luar Dalam pada 30 Juli lalu dan sudah dapat ditonton di kanal YouTube Bejana

 

Ikuti Bejana di: Instagram Youtube

 

Kontak: Almas Dewantara +6281413036300

PIC / Manager kontak.bejana@gmail.com

Fahri Ramadhan

Fahri Ramadhan

Anak baru dengan jiwa lama.
359 kali dibaca
Bagiin ke temen

Upcoming Event

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000