Review BLACKPINK "SQUARE UP" - Melepas Imej KPop Nih

Sabtu, 16 Juni 2018, Artikel

Akhirnya girlgroup KPop yang cukup berbeda dibanding lainnya comeback! Siapa lagi kalau bukan BLACKPINK yang sukses mengamankan "area" mereka kembali tepat di pertengahan Juni ini, tepatnya setelah merilis 1st Mini Album mereka yang bertajuk SQUARE UP.

 

EP atau mini album yang dirilis Jum'at (15/6) kemarin, bener-bener menyuguhkan nuansa yang sangat fresh di telinga para pendengarnya. Saat mendengarkannya kuartet Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose ini seperti bukan sebuah girlgroup KPop, tapi ya girlgroup aja. Nggak ada embel-embel KPop karena menurut saya pribadi EP ini cukup ke barat-baratan.

 

Bukan tanpa alasan kenapa saya mengatakannya ke-barat-baratan, karena memang dari segi musik nuansa R&B kekinian terasa banget. Penggunaan bahasa Inggris di dalam lirik-lirik keempat lagu yang terdapat dalam mini album ini gampang nyantol di telinga. Pun demikian dengan judul-judul lagu yang memang didominasi penggunaan bahasa Inggris, mulai dari Ddu-Du Ddu-Du, Forever Young, Really, dan See U Later.

They make your head move for sure

Saat disuguhi Ddu-Du Ddu-Du sebagai track pembuka, kamu udah diajak untuk menggoyangkan kepala kamu sama BLACKPINK. Ah ya, nggak ketinggalan "Aye-Aye" di bagian refrain, langsung nempel kali pertama mendengarkannya. Ini jadi salah satu lagu yang menurut saya asik didengerin dan wajib masuk ke dalam playlist harian kamu.

 

 

Tapi menurut saya, yang sebaiknya dijadikan single dan dibuat MV-nya semestinya Forever Young atau Really. Kalau Forever Young karena lagunya bener-bener easy listening dan bikin kamu lebih goyang. Plus lebih sing along-able. Musiknya sendiri juga bikin hati kamu jadi bener-bener hanyut menikmati lagunya, even you have to read its translation first, hahaha...

 

Yang pasti sih Forever Young juga membuat Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose lebih banyak nyanyinya ketimbang Ddu-Du Ddu-Du, yang emang lebih bikin kamu berjoget tapi nggak bikin kamu sing along.

 

Sedangkan Really itu lebih kayak kamu dengerin musik yang ambiance-nya barat banget. Macem beberapa lagunya Justin Bieber atau DJ Khaled kali ya, yang masih agak chillin gitu deh. Di sisi lain di lagu ini Lisa bener-bener menguasai lagu banget dengan rap-nya. Lebih enak ini sih sebenernya, lebih bikin kamu bergoyang. Karena lagunya kekinian banget dan bikin BLACKPINK seakan lepas dari image KPop.

 

Nah untuk lagu terakhir, lagu See U Later menurut saya justru biasa aja dan jadi satu-satunya lagu di mini album ini yang kurang bisa dinikmati senikmat tiga lagu sebelumnya. Bagian refrain-nya menurut saya kurang cocok aja dengan bagian lainnya. Bukannya bener-bener nggak enak, tapi feel untuk menikmatinya jadi kurang karena bagian tersebut.

 

Imej KPop seakan "lepas"

Seperti yang udah saya bilang di awal dan tekankan, mini album BLACKPINK satu ini, SQUARE UP, bener-bener membuat imej KPop di nama mereka "lepas". Mungkin dalam beberapa waktu ke depan, sebut aja satu-dua tahun ke depan, manajemen mereka mungkin memutuskan BLACKPINK nggak pengen dikaitkan dengan KPop. Ya, pengen dibilang girlgroup internasional lah.

 

Imej "internasional" ini juga berlaku pada BTS atau gampangnya imej dari ONE OK ROCK, di mana kedua nama tersebut sama sekali nggak mau menggunakan atau disebut "band Jepang" atau "boyband KPop". Bukannya nggak boleh atau bakal berimej jelek, justru sebenernya bagus dan sah-sah aja kok seperti itu. Malah bukan nggak mungkin BLACKPINK akan memasuki tahap selanjutnya untuk mengokohkan "kaki" mereka di dunia musik internasional.

 

Kalau kamu belum mendengarkan mini album girlgroup yang tenar lewat lagu-lagu seperti BOOMBAYAH, As If It's Your Last, dan Whistle ini, kamu bisa mendengarkannya di bawah ini guys!

 

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
417 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000