Review Solo : A Star Wars Story - Biasa Aja, Tapi Cukup Seru

Rabu, 23 Mei 2018, Artikel

Jujur aja pada awalnya saya nggak ada ekspektasi apa-apa dengan film Solo : A Star Wars Story. Saya nggak mikirin review yang udah bertebaran di internet, terutama dari media-media luar yang kebanyakan filmnya biasa aja. Jadi saya nonton film tentang seorang Han menjadi karakter ikonik Star Wars bernama Han Solo  tanpa mikirin filmnya bagus apa nggak dari awal.

 

Dan ternyata... filmnya buat saya biasa aja, kurang greget tepatnya selepas nonton di premiere screening yang digelar di IMAX Gandaria City pada Senin (21/5) malam. Saya sih memang fans Star Wars sejak saya SD dan kala itu memang nontonnya A New Hope sampai Return of the Jedi, di mana rilis di Indonesia di tahun 1990-an dan kala itu saya kenalnya ya Luke Skywalker, Princess Leia, dan Han Solo. Yes, saya memulainya dari original trilogy, meskipun sekarang lebih demen sequel trilogy sih. Fans-fans lama yang mendewakan Empire Strikes Back pasti bakal bully nih, hehehe...

 

Balik lagi ke Solo : A Star Wars Story. Film yang bercerita tentang gimana seorang Han, yang diperankan Alden Ehrenreich, menjadi salah satu pilot terhebat di galaksi, pertemuannya dengan Chewbacca yang diperankan Joonas Suotamo, sampai gimana Han mendapatkan Millenium Falcon dari Lando Calrissian yang diperankan Donald Glover diceritakan dengan jelas dan to the point.

 

Berbeda dengan film spin-off dari franchise Star Wars sebelumnya, Rogue One, film ini punya nuansa "seru" yang buat saya pribadi kurang bikin saya mencapai "klimaks". Kayak nggak ada scene atau momen yang bikin kita tuh gregetan melihat gimana K-2SO bertahan dari tembakan Stormtrooper yang berusaha menangkap Jyn Erso (Felicity Jones) dan Cassian Andor (Diego Luna) di Scarif dalam usaha mereka mendapatkan peta Death Star.

 

Dibilang jelek sih juga nggak jelek. Dibilang bagus, juga nggak bagus-bagus amat. Dari segi cerita sebenernya cukup menarik sih, tapi entah kenapa Alden kayaknya bisa dibilang kurang bisa menjadi karakter Han Solo yang berkharisma, agak selengean, nekat, dan tentu punya senyum khas plus rajin dalam mengatakan "I have bad feeling about this".

 

Yang saya lihat di layar lebar sih intinya bukan melihat sosok Han Solo yang saya kenal, tapi mungkin karena menceritakan masa mudanya ya memang mungkin karakternya seperti itu kali ya. Jelas berbeda dengan saat pertama kali Daisy Ridley maupun John Boyega kala memerankan Rey dan Finn, di mana saat pertama kali muncul di Star Wars The Force Awakens, kharisma mereka berdua langsung keluar dan langsung melekat banget dengan karakternya. Rey ya cocoknya si Daisy, Finn ya cocoknya si John Boyega. Kesan seperti itu lah yang nggak saya dapatkan saat melihat Alden memerankan Han Solo.

 

 

Secara keseluruhan karakter yang ada, saya justru tertarik dengan karakter Lando Calrissian yang diperankan Donald Glover. Saat muncul di perkenalan scene-nya, entah kenapa yang "terngiang" di kepala saya malah dia nyanyi This is America, hahaha... Tapi memang pas dia muncul kharismanya kelihatan banget. Karakter yang cukup licik, berkharisma, bangga akan diri sendiri, dan tentu unik.

 

Mungkin perannya di film ini bisa dibilang nggak mendapatkan banyak screen time dibandingkan Han maupun Qi'ra yang diperankan Mother of Dragon kita tercinta, Emilia Clarke dan juga Beckett yang diperankan Woody Harrelson. Namun, perannya justru penting banget, karena langsung berdampak pada karakter Han Solo sendiri. Ah ya, plus kita juga bakal melihat kalau Lando ternyata memang suka banget sama droid, terutama si L3, droid yang muncul di film ini dan jadi salah satu yang bikin kita tertawa.

 

Tanpa Lando, mungkin Han, Qi'ra, Chewbacca, dan Beckett nggak bakal bisa menyelesaikan misi mereka dalam mendapatkan sebuah sumber daya "penting" bagi Empire. Tanpa Lando kita nggak bakal tahu gimana jadinya Millenium Falcon bisa jadi pesawat legendaris dan ikonik di Star WarsAnd yes, without Lando this movie would be flaaaattt....

 

Review lengkapnya bisa kamu baca di link JoyPixel.id ya guys!

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
224 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000