Rilis Musik Video Lagi, Kali Ini Dekat Pilih Single Friends yang Dijadikan Visualnya

Jum'at, 22 Februari 2019, Info Band

Trio Kamga, Chevrina, dan Tata yang tergabung dalam Dekat kayaknya nggak akan berhenti untuk terus menebar "virus" dari album Numbers mereka. Setelah merilis single dalam bentuk musik video untuk lagu John Cena pada Januari kemarin, kali ini giliran Friends yang dibuatkan video musiknya dan baru aja dirilis pada Jum'at (22/2).

 

Video musik ini lahir dari kerjasama Dekat dan pasangan Visual Director muda Alvin Rizkyadi dan Karina Aretha. Mendapat support penuh dari collective art yang menaungi mereka, Maika Collective, mereka yang bersama-sama mengenakan topi sutradara di musik video ini menggaet Projection & Motion Graphic Designer Angelina Verschueren.

 

Perpaduan antara video performance dan desain grafis, Alvin dan Karina menyampaikan pesan dari lirik Friends dengan cara yang nggak biasa. Lirik yang bercerita tentang tiga teman lama yang berjuang untuk mencapai mimpi yang kenyataannya seakan nggak mungkin untuk tercapai ini nggak digambarkan dalam bentuk narasi. Alvin dan Karina memilih untuk menggambarkan keadaan lirik secara implisit. Melukiskan perbedaan cara pandang dari Chevrina, personil Dekat yang paling gelisah, akan masa depan mereka dengan Kamga dan Tahir dalam trik kamera yang indah, memperlihatkan mereka seolah olah berada di dalam time frame yang berbeda walaupun berada di kapal yang sama (di sini digambarkan dengan sebuah sofa). Sebuah penggambaran yang nggak naratif, tapi melukiskan perasaan campur aduk yang tertanam di lagu tersebut.

 

 

Friends sendiri adalah single ke-4 yang diambil dari album penuh pertama Dekat bertajuk Numbers. Album ini resmi dirilis di toko-toko digital pada 12 Oktober 2018, setelah 2 hari sebelumnya rilisan fisik dari album ini sampai ke tangan pendengar setia Dekat lewat sistem crowdfunding.

 

Seluruh proses pengerjaan album ini dikerjakan oleh mereka sendiri, dengan Kamga berperan sebagai produser. Seluruh proses rekaman dilakukan di sebuah kamar berukuran kecil di rumah kontrakan Kamga dan Chev. Trio yang sudah saling mengenal satu sama lain selama kurang lebih 12 tahun ini melawan segala keterbatasan alat dan dana yang mereka miliki dengan menumpahkan seluruh jiwa dan ceritanya ke album ini.

 

Album ini juga di mixing oleh Kamga, dan proses mastering dipercayakan kepada sahabat musik Dekat terdekat, Purpleducktape. Gaya komedi satir dalam lirik, dibalut dengan bebunyian digital, sedikit sentuhan reggaeton, alternatif pop, gado-gado style! yang Dekat berusaha jinakkan sejak EP kedua mereka, Meranggas, akhirnya memperlihatkan sisi aslinya di Numbers, yang membuat album ini menjadi karya terbaik mereka sejauh ini.

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
381 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000