Single terbaru Mantra Vutura Feat Hindia : "Percakapan Pt.1"

Jum'at, 08 Mei 2020, Info Band

Bukan hal baru bagi duo Mantra Vutura untuk merilis lagu berseri. Dan kini Mantra Vutura merilis lagu berseri terbarunya dengan berkolaborasi bersama Baskara Putra alias Hindia dalam lagu “Percakapan Pt.1”.

 

Sebelumnya duo Mantra Vutura pernah merilis lagu instrumental “The Creation Pt. 1” dan “The Creation Pt. 2” dalam album EP Solar Labyrinth (2017) yang dilanjutkan dengan lagu “The Creation Pt. 3” di album penuh Human (2019). Alasan membuat lagu ini berseri adalah konseptual, yaitu agar lagu ini memiliki umur yang panjang.

 

Tidak hanya berhenti di satu lagu saja Dan hal itu diputuskan untuk terjadi lagi karena energi lagu ini dirasa berharga sehingga baik Mantra Vutura dan Hindia sepakat untuk memperpanjang nyawa lagu ini. Singel ini sendiri masih berhubungan dengan singel “2020” yang baru dirilis bulan lalu yang berisikan kumpulan doa, ditujukan untuk sang pencipta. Dan masih mengangkat tema hubungan manusia dengan pencitptanya, hal ini juga yang mendasari proyek lagu kolaborasi baru ini. Sehingga lahirlah “Percakapan Pt. 1” Ide lagu ini sendiri sudah bergulir sejak Hindia dan band pengiring, Lomba Sihir sedang menjalankan tur Bayangan awal tahun 2020 ini. Setengah dari Mantra Vutura, Tristan Juiano (yang juga kibordis Lomba Sihir) memulai proses penulisannya di sela tur, sambil sempat mengalami intervensi beberapa tangan, termasuk Rayhan Noor (gitaris Lomba Sihir).

 

Hingga ketika selesai tur, demo “Percakapan Pt. 1” digarap oleh separuh dari Mantra Vutura yang satu lagi, Zakari Danubrata yang membawa demo ini masuk ke proses rekaman. Keputusan untuk mengajak Hindia sebagai kolaborator didasari karakter vokal Hindia dan ketajaman liriknya. Kombinasi tersebut dirasa pas untuk menyempurnakan lagu yang komposisinya terdengar kompleks, tidak berarturan dan chaos ini. Kemudian di tengah jalan kemudian Hindia menawarkan untuk memperpanjang nyawa lagu ini dengan menjadikannya proyek bersama. Dengan menjuduli “Percakapan Pt.1” yang diharapkan akan berlanjut ke Percakapan Pt. 2, 3, 4, dst.

 

Bagi Hindia sendiri lagu ini menjadi penanda arahan baru musiknya. Dengan mencoba masuk ke area yang belum pernah ia jamah di album perdana/rilisan lepasannya yang lain.

 

Hal ini ditambahkan oleh Hindia : 

“Sebelumnya ada suatu spektrum perasaan tertentu yang saya dan Mantra Vutura ingin abadikan dengan suara yang khas dan visual yang spesifik pula.Namun kami masing-masing sadar bahwa hal itu hampir mustahil untuk dicapai sendiri-sendiri. Dan ini yang jadi dorongan terbesar bagi Mantra Vutura dan Hindia dalam menciptakan Percakapan Pt. 1” “Ini merupakan awal dari sebuah kolaborasi panjang antara Mantra Vutura dan Hindia, juga semoga ke depannya kami dapat mengajak banyak kolaborator lain lagi,” ditambahkan oleh Mantra Vutura. Bagi Mantra Vutura sendiri, “Percakapan Pt. 1” ini seolah menjadi penampakan sisi putus asa manusia ketika doa-doanya tidak diindahkan. Juga menjadi dialog antara mereka yang menyalahkan Tuhan atas situasi dan keterpurukan -yang mana adalah akibat ulah manusia sendiri. Meskipun penuh pertentangan, lagu ini tetap mengingatkan kita untuk memperbaiki rasa syukur yang seringkali absen, dan agar kita kembali lagi di jalan-Nya.

 

Hal ini tampak dalam potongan lirik yang ditulis Hindia, “Semua terlalu besar untuk Mu / Semua yang ditinggalkan baik adanya / baik awalnya” “Siapa yang minta dilahirkan? / Diberi keluarga yang bertentangan? / Tubuh dan hati yang bergesekan?” Bila sebelumnya di EP Solar Labyrinth (2017), Mantra Vutura membahas soal penciptaan alam semesta, dan di album Human (2019) membahas 7 kebajikan manusia, rencananya di EP mendatang akan penuh membahas hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan.

 

Sehingga semuanya menjadi berkesinambungan. Dan sebelum menuju EP Mantra Vutura yang berikutnya, silahkan simak terlebih dahulu “Percakapan Pt. 1” milik Mantra Vutura feat. Hindia. (Anto Arief) ***

Nocturn

Nocturn

Salah satu owner infopensi yang punya motto : "Brutal tapi takwa"
254 kali dibaca
Bagiin ke temen

Upcoming Event

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000