Single UZA JKT48 Seharusnya Dirilis Saat JKT48 Masih Hype

Kamis, 19 Juli 2018, Artikel

Kalau kamu baca judulnya, mungkin kamu bakal gatel buat berkomentar. Apalagi tulisan saya ini ditulis kurang lebih dua minggu setelah single UZA JKT48 dirilis secara masif di digital, tepatnya pada 1 Juli kemarin. Ya, tentu saya dengerinnya juga telat sih, udah nggak ngikutin lagi soalnya.

 

Terus kenapa tiba-tiba dengerin lagi? Soalnya waktu lagi nonton YouTube dan lagi dengerin BAND-MAID, UZA JKT48 ini tiba-tiba muncul di sebelah kanan layar. Penasaran dong... Terus saya coba nonton dan dengerin.

 

... Dan reaksi saya soal single baru idol group yang merupakan "cabang" dari AKB48 ini biasa aja. Musiknya nggak se-pumping lagu originalnya, di mana suara musik dan vokal punya suara yang setara dan nggak timpang. Harmonis sih menurut saya. Terus kalau versi JKT48 ini buat saya suara vokalnya terlalu besar dan suara musiknya agak mendem.

 

Jadi kalau didengarkan seksama, ada beberapa bagian dari musik originalnya nggak keluar dan nggak bikin menganggukkan kepala. Ah ya, belum lagi dari dance-nya yang menurut saya kurang gesit. Sepengelihatan saya ya, nggak tahu deh kalau kamu para wota-woti. Tapi tetep bisa dinikmatin, toh JKT48 punya cara tersendiri kok buat memuaskan fansnya.

 

Overall sih single ini memang biasa aja kalau didengerin atau ditonton music video-nya. Tapi mungkin kalau nonton lagi live-nya bawain UZA bakal seru kali ya, buat yang kurang lebih 2-3 tahun nggak ngikutin pergerakan idol group yang berbasis di FX Sudirman, Jakarta ini.

 

Sebenernya waktu masih ngikutin perkembangan JKT48 dan saat masih bekerja di salah satu media remaja hits kala itu (yang nggak jarang meng-cover mereka itu lho) saya juga sembari ngikutin perkembangan "kakaknya" di Jepang. Apalagi buat lagu UZA yang menurut saya jadi salah satu single terbaik idol group berbasis di Akihabara ini.

 

Single berjudul UZA ini dirilis akhir 2012 atau tepatnya di awal-awal idol group JKT48 ini mulai bergerak dan dikenal ke khalayak umum, bukan cuma yang ngikutin AKB48. Saat itu dan seinget saya, dari Gen 1 dan Gen 2, sempet pernah disinggung sama pertanyaan soal apa single yang paling dipengen banget dibawain JKT48.

 

Kalau nggak salah waktu itu saya nanya entah ke Kinal atau Viny waktu pemotretan tahun 2013 pas bulan puasa. Salah satunya menjawab UZA dan alasannya karena suka sama dance-nya dan musiknya yang pumping banget.

 

Menurut saya semestinya single UZA JKT48 ini dirilis nggak terlalu jauh sejak AKB48 merilisnya. Lebih tepatnya sih seharusnya dirilis saat idol group yang dulu memiliki trisula Melody, Ve, dan Nabilah ini masih di atas angin dan lagi hype banget. Karena lagu ini menurut saya bisa membuat idol group ini punya kemampuan bertahan seperti kakaknya sampai sekarang.

 

Karena dari pandangan saya sendiri saat ini posisi dari JKT48 ya gitu doang. Ramenya juga gitu aja di teaternya, nggak serame dan seheboh dulu, di mana mereka jadi perbincangan di mana-mana, termasuk di daerah. Bahkan sempet jadi omongan temen-temen saya di Jepang.

 

Artikel lengkapnya bisa kamu bisa baca di kanal JoyPixel.id ya guys!

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
34 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

Merchandise Naif
Merchandise Naif
IDR 160.000
IDR 135.000