Syarat yang Harus Diperhatikan Jika Bioskop Dibuka Kembali

Jum'at, 04 September 2020, Spot Update

Berhembus kabar bioskop akan segera dibuka kembali khususnya di Ibukota. Pemerintah Jakarta dan pemilik bioskop nampaknya sudah bersiap untuk membuka kembali bioskop segera setelah berkonsultasi dengan satuan tugas COVID-19.

“Kami akan segera menyiapkan regulasi lengkapnya, yang mencakup semua aspek terkait implementasi protokol kesehatan, mengikuti rekomendasi satgas [COVID-19],” kata Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, dikutip dari laman The Jakarta Post.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), juru bicara Satgas Wiku Adisasmito mengatakan ada beberapa syarat menonton film di bioskop. Pengunjung diwajibkan menerapkan protokol kesehatan di dalam bioskop. Bagi pengunjung yang memiliki riwayat penyakit tidak diperkenankan masuk ke dalam area bioskop.

Sementara dari pihak bioskop, tidak diperkenankan membuka fasilitas permainan arcade yang berada di area bioskop, serta diwajibkan untuk memeriksa suhu para pengunjung di setiap pintu masuk. Lajur pintu masuk dan keluar yang dilewatikan pengunjung juga harus diatur. Yang utama, kapasitas kursi bioskop hanya boleh terisi 50 persen dari jumlah kursi yang tersedia.

Untuk tiket, juru bicara Satgas Wiku Adisasmito menyatakan bahwa tiket hanya dapat dibeli secara online dan pengunjung harus mengisi formulir data diri mereka guna memudahkan pemerintah melakukan penelusura jika nantinya muncul cluster baru penyebaran COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio turut mendukung rencana Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membuka kembali bioskop yang ada di wilayah DKI Jakarta dalam waktu dekat.

”Dengan bioskop kembali beroperasi, ini akan berdampak besar terhadap perkembangan ekonomi kreatif, khususnya subsektor perfilman,” kata Wishnutama dalam keterangan persnya, Rabu (26/8/2020).

Fahri Ramadhan

Fahri Ramadhan

Anak baru dengan jiwa lama.
82 kali dibaca
Bagiin ke temen

Upcoming Event

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000