The Electronic Renaissance, Persembahan Terbaru dari Goodnight Electronic

Kamis, 12 April 2018, Info Band

Sejak 2004 sampai sekarang, Goodnight Electric telah menghasilkan 2 album penuh, 7 album kompilasi, dan beberapa single dalam rilisan digital, serta vinyl atau piringan hitam. Mereka sempat hibernasi pada 2012-205, tapi mencoba kembali aktif pada 2016. Kemunculan kedua trio elektronik ini pada 2017 kemarin, ternyata merupakan awal dari rencana mereka merilis album kompilasi.

 

Album kompilasi yang dirilis Goodnight Electric ini berisi unreleased track dan single yang tersebar di luar album penuh sepanjang 2004-2012. Ya, kurang lebih semacam kumpulan single B-side, demo track, proyek kolaborasi, dan remix. Ide ini berawal dari niat mengumpulkan dan mengorganisir kembali arsip-arsip dan artefak trio elektronik ini yang nggak terorganisir dan berceceran selama beberapa tahun terakhir, baik dalam bentuk fisik maupun digital.

 

Dalam rilisan pers yang kami terima, Goodnight Electric merasa arsip-arsip tersebut perlu dibagi, diperlihatkan, atau didengarkan kepada publik atau penikmat musik, sebelum hilang atau kadaluarsa. Pengarsipan ini penting bagi mereka sendiri sebagai musisi, bisa jadi penanda jaman dan rekam jejak proses kreasi mereka selama ini. Beberapa arsip seperti demo track akan dirilis dalam album kompilasi. Sedangkan data-data fisik seperti discography CD, vinyl, poster promosi, kontrak rekaman, kostum, sampai alat-alat musik akan dipamerkan. 

 

Lewat The Electronic Renaissance lah Goodnight Electric akan kembali mengeksiskan diri. Nama tersebut diambil dari salah satu track milik Belle & Sebastian yang dulu menginspirasi Henry Foundation pada 2004 silam. Track tersebut lah yang kemudian membuat trio pelantun Electro Boy ini lahir. Judul tersebut didedikasikan menjadi album kompilasi ini. Bisa dibilang juga sebuah album perjalanan mereka dari sisi yang terlupakan.

 

The Electronic Renaissance : Rarities & Unreleased Tracks from Goodnight Electric (2004-2012)

The Electronic Renaissance akan dirilis dalam bentuk kaset dan juga double CD. Ada 22 track untuk versi kaset dan 26 track untuk versi double CD. Selain kumpulan demo dan remix track juga akan ada empat materi remake lagu-lagu lama yang berkolaborasi dengan musisi lain, seperti berkolaborasi dengan Polypony pada track The Supermarket I Am In, yang juga menjadi single pertama album ini. Kemudian ada Xaqhala pada track I'm OK, Alyuadi (Heals Band) pada track Fluorescent Nothing, dan Baila Fauri pada track Shut it Down.

 

The Electronic Renaissance versi kaset hanya dirilis 200 keping Februari lalu oleh HFMF records dan Nanaba Records. Sedangkan untuk versi double CD akan dirilis HFMF records dan Demajors 21 April depan, bertepatan dengan pembukaan pameran arsip Goodnight Electric di Ruru Gallery.

The Electronic Renaissance : Archive & Essentials from Goodnight Electric (2004-2018)

Nah, kalau ini pameran yang memperlihatkan seluruh arsip dan koleksi trio pelantun Am I Robot dari awal berdiri sampai sekarang. Akan ada foto-foto, video, dokumen, poster, sampai artwork akan kamu temukan di pameran ini. Selain itu akan ada peluncuran double CD The Electronic Renaissance, artist talk, showcase, dan juga lelang. Pameran ini rencananya akan berlangsung selama 2 minggu di Ruru Gallery, Gudang Sarinah Ekosistem, Pancoran, Jakarta.

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
177 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

Merchandise Naif
Merchandise Naif
IDR 160.000
IDR 135.000