Tips Memilih Media Partner Untuk Pensimu

Rabu, 14 Oktober 2015, Tips & Trik

"Kak, emang semua media kayak gitu ya? Ngejar-ngejar artis buat gosip doang? Tadi ada yang bilang ke gue kalo mereka mau liput acara gue, tapi ternyata malah ngejar artis gue doang," curhat Ketua Mahakam Festival 2015 beberapa waktu lalu ke gue.

Well, not all media like that.

Buat lo yang lagi menggarap sebuah acara sekolah, mau itu pensi, teater, drama musikal,or whatever it is, terus mau melakukan promosi dan menggandeng media partner, coba deh lo cari tahu dulu soal media yang mau lo ajak kerja sama.

Males gara-gara cuma mainan Instagram, Path, sama Ask.Fm? Duh,please deh. Di jaman yang udah maju ini, buat cari tahu segala informasi soal media yang bisa diajak media partner banyak gerbangnya. Yang paling gampang ya Googling. Cari tahu soal media-media di Indonesia yang bisa lo ajak medpart is a must. Tapi kudu yang bener-bener berkompeten

Di Indonesia, apalagi di Jakarta, banyak kok media yang bisa jadi partner acara sekolah lo. Mulai dari media cetak, elektronik (TV dan Radio), dan online. Tinggal lo lihat aja medianya itu bener-bener kompeten dan bisa dipercaya nggak buat promosi acara lo, baik pra ataupun after event.

Sebagai remaja SMA yang pengen acara sekolahnya sukses, jangan ngaku "aktif" dan pede sama acaranya bakal sukses kalo nggak kenal sama media. Minimal tahu deh sama media buat diajak media partner. Kenapa sih?

1. Media Itu Temen Lo


Iya, media itu emang temen lo. Temen yang bakal kasih tahu ke orang banyak soal acara sekolah lo. Di beberapa media mungkin cuma ada yang promosiin acara lo. Ada juga yang cuma menulis berita soal acara lo after event. Tapi ada juga yang dua-duanya.

Media yang asik itu adalah media yang bisa dua-duanya. Tapi bukan berarti yang bisa salah satunya doang itu nggak asik. Bisa aja memang ada kebijakan dari dalam redaksi atau tim promosi media itu sendiri. Tapi yang jelas, sebagai temen, media itu bakal mendukung jalannya acara lo dengan kasih tahu ke orang banyak kalau sekolah lo lagi bikin acara keren nih.

Rata-rata memang, buat jaman sekarang banyakan yang online. Tapi kadang-kadang beritanya gitu aja. Kalau yang terbit di media cetak, biasanya mengambil cerita yang lebih menarik, nggak sekedar menceritakan jalannya acara sekolah lo.

Tapi, tentu kalau mau temenan sama seseorang lo bakal memilih yang baik dong. Makanya lo jangan malas buat cari tahu media apa aja yang bisa bantu lo dan juga berkompeten. Ada banyak media yang cocok buat acara sekolah lo kok. Tinggal lonya aja cari tahu sendiri

2. Bakal Dapat Banyak Informasi

Yup, dengan bekerja sama dengan media atau media partner, lo bakal dapat banyak banget informasi. Nah, informasi ini tentu bakal lo dapat dari reporter atau fotografer, atau videografer media yang meliput acara lo. Dengan lo tahu kalau media itu adalah sumber informasi, tentu lo bakal bisa mendapatkan banyak opsi soal gimana caranya supaya acara sekolah lo bisa tersiar dan terdengar ke khalayak ramai dengan baik, yang tentu aja hasilnya adalah acara sekolah lo pas hari-H itu rame pake banget.

Beberapa temen-temen media tentu punya beberapa kenalan dan informasi penting, biasanya. Baik itu soal rekomendasi artis, rekomendasi venue, pilihan buat promosi acara, dan banyak deh informasi lain yang bisa membantu acara sekolah lo. Media tentu nggak cuma memberitakan acara lo, tapi juga pasti lah bakal berkomunikasi dengan baik sama lo dan tentu aja mau berbagi informasi sama lo.

3. Bisa Jadi Link Masa Depan

Ini dia alasan terakhir kenapa lo mesti tahu media buat media partner acara sekolah lo. Dari seorang reporter sebuah media, lo bakal dapat banyak link atau kenalan (kalau lo tanya dan nggak menjadikan media sekedar 'rekan' kerja hari-H). Soalnya pasti lah reporter yang meliput acara sekolah lo punya link artis, link sponsor mungkin, dan bisa aja jadi link sendiri buat lo yang kalau udah kuliah, pengen cari kerja dan kerjanya di media.

Tentunya dengan lo tahu soal media, apalagi buat media partner acara sekolah lo, bisa dibilang masa depan lo terjamin karena punya link tadi. Cuma ya itu, lonya sendiri jangan males. Kalaupun udah kelar urusan kerjasamanya, kan bisa tuh saling kontak-kontakan dan menjaga tali silaturahim (pertemanan) dengan media itu. Siapa tahu kalau ada acara sekolah lain, lo malah diajak liputan bareng dan dapet tiket gratis. Ya nggak?
 
Satria Perdana

Cullen

Cullen

Seorang programmer yang menghindari sinar matahari dan darah manusia.
4037 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

T-Shirt Murder Miles Throat
T-Shirt Murder Miles Throat
IDR 160.000
IDR 135.000