Tur ke Inggris dan Eropa, Ringgo 5 Ternyata Manggung di Dua Tempat Legendaris

Rabu, 23 Mei 2018, Info Band

Baru-baru ini band pop rock asal Jakarta, Ringgo 5 meluncur ke London, Inggris untuk menjalankan tur Inggris dan Belanda mereka yang bertajuk "Emotion Tour UK & European". Mereka mematok lima titik dalam tur ini. Tentu aja tur ini menjadi pengalaman yang nggak akan terlupakan oleh Nabil Pawaka (vokal), Rishad Marciano (gitar), Robert Matthew (bass), Gege Adita (drum) and Rhein Michael (gitar).

 

Pasalnya mereka manggung di tempat-tempat yang digadang sebagai bagian dari sejarah musik dunia. Legendaris pokoknya! Anyway, tur mereka ke Inggris ini udah dimulai 18 Mei kemarin dan akan berakhir pada 25 Mei. Tentu ketika mereka pulang nanti, menarik untuk kita tunggu cerita mereka seperti apa di Inggris sana.

 

Bicara soal tempat yang legendaris, Ringgo 5 pada 20 Mei kemarin bermain di 100 Club yang telah menjadi ikon lokasi konser musik sejak 24 Oktober 1942. Fokus 100 Club untuk musik adalah menyediakan ruang di mana kabar besar yang mendunia datang pada September 1976 di mana mereka mengadakan festival punk internasional, sebuah event yang bertujuan mengangkat nama-nama baru dalam skena punk rock dari bawah tanah menjadi mainstream.

 

Nama-nama seperti Sex Pistols, Siouxsie and the Banshees, The Clash, Buzzcocks, The Jam, The Stranglers dan The Damned adalah nama yang bermain dalam festival tersebut.

 

Tempat ini terus berkembang sampai sekarang. Dengan kapasitas maksimal 350 pengunjung, 100 Club kini lebih sering dijadikan sebagai tempat untuk mereka band besar melakukan pertunjukan rahasia yang nggak diumumkan secara luas seperti The Rolling Stones, Paul McCartney, Amy Winehouse, hingga Metallica.

 

Selasa, kemarin Ringgo 5 bermain di sebuah pub bernama The Joiners Arms. Tempat yang juga akrab dikenal dengan The Joiners ini sudah ada sejak 1968 dan dibuka sebagai tempat pertunjukan musik. Walau kapasitas dari pub ini maksimal hanya bisa menampung 200 orang, tempat ini memiliki kurasi yang sangat ketat dalam memperbolehkan mereka yang ingin manggung di sana.

 

Sejalannya sampai sekarang, panggung musik The Joiners Arms telah tercatat telah dijejaki oleh band kenamaan dunia seperti Green Day, Coldplay, Arctic Monkeys, Ash, Ed Sheeran, Franz Ferdinand, NOFX, Oasis, Placebo, Radiohead, Suede, hingga The Verve.

 

The Joiners Arms memiliki dedikasi tinggi untuk musik yang berkualitas hingga sukses meraih predikat sebagai Britain’s Best Small Venue versi NME pada Juni 2013 lalu. Dengan catatan serta konsistensinya The Joiners Arms ini kerap disebut sebagai salah satu tempat bersejarah bagi musik dunia.

 

“Tidak mudah mendapatkan kesempatan untuk bermain di The Joiners Arms, Southampton dan 100 Club, London. Mereka menjaga kurasi yang sangat ketat demi menjaga kualitas dan sakralnya panggung musik yang mereka miliki. Ringgo 5 bukan sekadar mengadakan konser, tapi juga diharapkan mendapatkan rasa dan juga menyerap energi-energi yang sudah dibangun oleh band-band besar dunia. Dengan berada dan bermain di tempat ini, mudah-mudahan bisa menjadi bekal Ringgo 5 untuk lebih meningkatkan kualitas mereka demi menjadi yang terbaik!” ujar Ryan Novianto selaku tour director dari Ringgo 5 “Emotion Tour UK & European” ini. 

 

Had one of the most precious conversation about music with @trumanblack of The 1975.

A post shared by RINGGO 5 (@ringgo5) on

“Perjalanan ini membuat kami merasa campur aduk! Senang, gugup, tertantang, semuanya menjadi satu. Di sini kami tetap latihan dan beradaptasi dengan banyak hal termasuk cuaca yang berbeda. Banyak harapan yang Ringgo 5 tanamkan di perjalanan ini, mudah-mudahan dengan apa yang sudah kami persiapkan bisa menghasilkan suguhan yang terbaik untuk mereka yang datang. Dan juga tempat-tempat kami akan manggung adalah tempat yang memiliki nilai historis tinggi dengan musik, banyak mereka musisi besar yang tumbuh di sana. Semoga kami bisa belajar banyak dari panggung-panggung tersebut,” sambut Rishad Marciano sang gitaris.

 

Selain dua tempat bersejarah tersebut Ringgo 5 juga tampil di tiga titik lainnya yakni World’s Ends (Brighton, Inggris) dan juga The Hauge Festival (Tong Tong Podium & De Rotonde Stage, Belanda). 

Satria Perdana

Satria Perdana

Hobinya motret mainan, bergaul dengan sejumlah musisi, suka juga mereview film di joypixel.id.
47 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

Merchandise Naif
Merchandise Naif
IDR 160.000
IDR 135.000