Yuk! Mengenal Jenis - Jenis Tiket Konser Musik

Jum'at, 29 Maret 2019, Artikel

Melalui situs-nya www.kiosTix.com, KiosTix bisa dibilang paling unggul dalam penyediaan ragam tiket konser. Dari teknologi tiket sederhana yang masih menggunakan kertas, hingga tiket dengan teknologi mutakhir seperti Tiket ThermalTiket ElektronikVoucher ElektronikTiket Gelang (Wristband Standard), dan Tiket Gelang RFID (Wristband RFID). Semua tiket KiosTix dilindungi keamanan-nya menggunakan ‘system Barcode’ dan ‘QR Code.’ Serta menyediakan fasilitas penunjang-nya seperti ‘Turnstile system’ dan ‘Scanner’ multifungsi untuk mengatur flow penonton di pintu masuk konser. 
  
 paling unggul dibanding perusahaan-perusahaan manajemen tiket lain. Beberapa event besar dengan jumlah pengunjung hingga jutaan orang sudah pernah digarap KiosTix. Diantaranya event Asian Games 2018, Soundrenaline, Wave of Tomorrow, Asian Football Champions, Kenny G Concert, Soundsations, Raisa Concert Intimade, dan lain-lain.
 
Berikut ini beberapa jenis tiket konser dari KiosTix: Tiket Thermal Ini merupakan bentuk tiket yang paling canggih saat ini. Tiket Thermal dicirikan dengan kemampuannya yang tidak mudah sobek, tahan terbakar dari api, maupun basah terkena air, dan juga dilengkapi code security yang sulit dipalsu. Tiket jenis ini cocok untuk konser-konser atau hajatan besar dengan jumlah penonton hingga ribuan orang. KiosTix pernah memproduksinya untuk berbagai tiket pertunjukan seperti untuk tiket teater, tiket pertandingan olahraga, tiket festival, konser musik, dan masih banyak lagi. Salah satunya pada ajang Asian Games 2018 lalu yang dihadiri hingga jutaan penonton, atlet, dan pengunjung, sehingga dibutuhkan bentuk tiket yang canggih dan sulit rusak. Ada dua jenis Tiket Thermal, yakni Tiket Thermal standar dan Tiket Thermal merah. Keduanya hampir serupa, namun Tiket Thermal merah dilengkapi system security yang lebih bagus. Kalau kamu nonton konser, Tiket Thermal ini biasanya bercirikan: ·
 
Bila dilihat dari atas, ada tiga garis pembatas yang tersedia dalam tubuh tiket. Garis itu kegunaannya untuk memudahkan proses pendataan pemegang tiket.
 
· Dilengkapi dengan unique code berupa suatu komposisi angka spesial yang berguna untuk mempersulit kemungkinan adanya data pemasulsuan.
 
· Sistem keamanan pada barcode system menerapkan garis hitam dan putih yang berfungsi untuk mempermudah scaning system ketika penonton memasuki area.
 
· Adanya label KiosTix yang tertera pada bagian Tiket Thermal, yang akan berguna untuk memastikan pembelian tiket hanya melalui saluran resmi dari KiosTix.
 
· Pada Tiket Thermal merah terdapat bagian yang sangat sensitif untuk melindungi dari kemungkinan tiket disalahgunakan. Yaitu pada bagian dalam tiket terdapat lapisan berwarna merah. Penanda yang tidak mungkin terdapat pada tiket palsu.
 
Tiket Elektronik (E-Ticket) Berbeda dengan Tiket Thermal, tiket elektronik atau E-Ticket adalah sebuah produk terkini berbasis teknologi digital. Ini tiket resmi yang digunakan untuk memasuki venue acara. Untuk mendapatkan E-Ticket ini, penonton harus menukarkan lebih dulu E-Voucher yang dia dapat ketika transaksi pembelian tiket secara online di kios tiket 
KiosTix. E-Ticket hanya perlu dicetak sebagai tanda masuk venue konser.
 
Setelah mendapat E-Ticket, pengunjung bisa ‘check-in’ dengan menunjukkan E-Tiket itu kepada petugas penjaga pintu masuk venue konser (entry gate). Dimana petugas akan memeriksa tiket itu dengan alat ‘scanner’ sebelum mengijinkan penonton masuk lokasi. Di KiosTix, penggunaan E-Ticket ini dilakukan agar pengguna dapat lebih efisien dan efektif dalam menikmati acara. E-Ticket ini cocok untuk konser musik kecil di dalam gedung pertunjukan (indoor), maupun konser musik besar di area terbuka (outdoor).
 
Voucher Elektronik (E-Voucher) Meskipun sistem keamanan pada semua tiket sama hebatnya. KiosTix juga memberikan penawaran yang sesuai dengan skala dan volume pertunjukan yang akan digelar. Misalnya, konser musik Soundrenaline dengan ribuan penonton menggunakan tiket Wristband RFID, Asian Games 2018 yang dihadiri lebih dari satu juta penonton menggunakan Tiket Thermal, sedangkan acara seperti Pentas Seni (Pensi) dengan jumlah penonton yang lebih sedikit dan bersifat komunitas menggunakan jenis tiket kertas. Jadi pilihan tiket akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan dan sesuai permintaan panitia.
 
Hampir semua pertunjukan yang dikelola manajemen tiket-nya oleh KiosTix, selalu menggunakan E-Voucher. Mengapa? Karena setiap penjualan tiket secara online membutuhkan sesuatu tanda yang cepat, tepat, dan akurat. Untuk itu, sistem teknologi yang paling jitu adalah dengan memberikan E-Voucher sebagai bukti pembelian tiket online secara cepat. Selanjutnya, E-Voucher itu bisa ditukarkan dengan E-Ticket di lokasi. Tiket Gelang (Wristband Standard) Tiket ini berbentuk gelang dengan sistem perekat menggunakan double tape. Tiket ini dilengkapi sistem keamanan berupa garis-garis potong yang berguna saat dipindah tangankan.
 
Tiket Wristband Standard ini hanya bisa digunakan sekali pakai. Tiket gelang berukuran 2x22,5 Cm itu terbuat dari bahan kertas sintetis Tyvek, Yupo dan Vinyl Elmo. Dengan kemampuan kerta yang anti air, kuat, dan tidak mudah sobek. Khusus bahan Tyvek, permukaan bahan kertas bertekstur, dengan hasil cetak cenderung lebih halus warnanya. Sistem keamanan di dalam Wristband Standar ini menggunakan ‘QR Code’ atau ‘Barcode system’ (sesuai keinginan dan keperluan panitia acara), tergantung dari logo desain yang tercantum dalam gelang, asal tidak menutupi sistem validasi tersebut.
 
Tiket Gelang RFID (Wristband RFID) Tiket gelang yang dinamis dan mampu memberikan rasa aman bagi pengguna maupun penyelenggara.
 
Teknologi RFID (Radio Frequency Identification) menggunakan gelombang radio pada sebuah transponder, untuk mengambil atau membaca data diri dari jarak yang cukup jauh. Di dalam Wristband RFID ini terdapat Mikrochip dan antena silikon, yang berpasangan terpadu dengan reader RFID. Dengan sistem RFIP ini, tidak perlu lagi sistem pengamanan yang ekstra ketat ketika penonton sedang menikmati konser berlangsung. Kerana dengan teknologi RFID, panitia bisa memantaunya dari jauh.
 
Tiket Kertas Meskipun berbagai bentuk tiket yang canggih telah tersedia, namun peminat terhadap bentuk Tiket Kertas yang lebih sederhana dan murah juga tetap banyak Pilihan menggunakan Tiket kertas biasanya disesuaikan keinginan panitia.
 
Hal ini menunjukan KiosTix bukan hanya menawarkan beberapa varian tiket pertunjukan terhadap mitranya, tetapi juga memahami-nya. Tiket Kertas tidak kalah dalam sistem keamanan dengan tiket-tiket pilihan KiosTix, hanya saja tiket ini digunakan untuk acara-acara tertentu saja.
 
Nocturn

Nocturn

Salah satu owner infopensi yang punya motto : "Brutal tapi takwa"
1078 kali dibaca
Bagiin ke temen

Merchandise

IDR 160.000
IDR 135.000