Alasan Ilmiah Mengapa Kita Sering Memutar Lagu yang Sama Berulang Kali

Senin, 27 Juli 2020, Review

Sebagian dari kita pasti mempunyai kebiasaan memutar satu lagu yang sedang kita dengarkan berkali-kali bahkan sampai seharian. Secara sadar atau tidak, sudah berapa kali kita menekan tombol reply, sampai lagu tersebut nyangkut di pikiran dan membentuk sebuah ruang di dalam otak yang mempersilakan tempat untuk lagu tersebut sampai kita merasa jenuh.

Nampaknya sebagian orang pasti pernah merasakan jika sedang berbunga-bunga dengan sebuah lagu yang menurutnya enak sampai memutuskan untuk diputar terus menerus. Memang tidak ada yang salah dengan hal itu, akan tetapi mungkin terlintas di dalam pikiran kita, mempertanyakan secara biologis bagaimana hal itu dapat terjadi.

Profesor dari The Royal Academy of Music, Kota Aarhus, Denmark, Peter Vuust adalah seorang pakar yang tepat untuk membicarakan hal ini. Ia juga merupakan kepala penelitian dalam proyek Center for Music in the Brain.

Dilansir dari VICE, Peter Vuust menjelaskan bahwa manusia suka mendengarkan musik dan memiliki gairah untuk mengulang pengalaman mendengar tadi, karena pengalaman tersebut mempengaruhi titik rangsang di dalam otak. Titik rangsang itu adalah sistem biologis yang mendorong kita selalu melakukan hal-hal vital bagi kelangsungan hidup. Sistem ini membuat kita merasa enak setelah makan, merasa puas dan senang setelah berhubungan seks, dan seterusnya. Mekanisme ini alamiah. Seperti itulah cara otak dan tubuh memastikan kita terus melakukan hal-hal yang penting bagi kelangsungan hidup.

Karena sistem rangsangan ini, musik menjadi produk artistik yang paling sering kita gunakan berkali kali. Kita jarang sekali menonton sebuah film atau membaca sebuah buku lebih dari dua atau tiga kali. Tapi kita mendengarkan musik terus menerus. Musik adalah bentuk seni yang mengandung paling banyak repetisi.

Peter juga menambahkan kalau kita memutar satu lagu secara terus menerus berarti sistem kerja dopamin di otak kita memang seperti itu, semacam adiksi. Dan jika akhirnya kita merasa bosan dengan lagu tersebut, berarti kita tidak lagi mendapatkan hal baru ketika mendengarkannya karena Sistem biologi manusia sangat sensitif terhadap repetisi.

Nocturn

Nocturn

Salah satu owner infopensi yang punya motto : "Brutal tapi takwa"
417 kali dibaca
Bagiin ke temen