Protokol Kesehatan Terbaru Untuk Event, Tidak Dianjurkan Dengan Model Pengunjung Berdiri

Minggu, 21 Juni 2020, Review

Pada 19 Juni kemarin, Mentri Kesehatan Bapak Terawan Agus Putranto menerbitkan Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia dengan Nomor HK.01.07./MENKES/382/2020 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Isi keputusan yang terdiri dari 66 Halaman ini mencakup berbagai kegiatan di fasilitas umum, seperti tempat ibadah, olahraga, kantor, pasar sampai mengatur protokol untuk penyelengaraan event/pertemuan, yang tertulis dari halaman 58 sampai 62. Dalam protokol untuk event ini mengatur penyelenggara dan tamu/peserta, dari sebelum pelaksanaan, saat terlaksana dan setelah terleksananya event.

Yang menarik adalah bagaimana protokol yang mengatur para tamu atau bisa dikatakan pengunjung yang tertulis pada halaman 61, seperti ini prtotokolnya

(1) Jika mengunakan tempat duduk, kursi diatur berjarak 1 meter atau untuk kursi permanen dikosongkan beberapa kursi untuk memenuhi aturan jaga jarak.

(2) Tidak meletakkan item/barang yang ada di meja tamu/peserta dan menyediakan item/barang yang dikemas secara tunggal jika memungkinkan seperti alat tulis, gelas minum dan lain-lain.

(3) Tidak dianjurkan untuk menyelenggarakan event dengan model pengunjung/penonton berdiri (tidak disediakan tempat duduk) seperti kelas festival dikarenakan sulit menerapkan prinsip jaga jarak.

(4) Penerapan jaga jarak dapat dilakukan dengan cara memberikan tanda di lantai minimal 1 meter.

(5) Jika menyediakan makan/minum yang disediakan diolah dan disajikan secara higienis. Bila perlu, anjurkan tamu/peserta untuk membawa botol minum sendiri, disediakan dengan sistem konter/stall dan menyediakan pelayan yang mengambilkan makanan/minuman.

(6) Bila mungkin, pengunjung disarankan membawa alat makan sendiri (sendok, garpu, sumpit).

Semoga berita ini bisa menjadi angin segar bagi kita semuanya pelaku industri hiburan, dengan protokol seperti ini pula semoga event bisa kembali bergairah.

 

Terima Kasih

 

Ilham Harahap

 

Coutinho

Coutinho

Pemain Liverpool yang berbahagia di akhir pekan
2193 kali dibaca
Bagiin ke temen