RAN Merilis "Rahasia #1" dan "Rahasia #2" , Awalan Buat  Perkenalan Album Penuh Keenam yang akan Segera Rilis  dalam Waktu Dekat
Info Band

RAN Merilis "Rahasia #1" dan "Rahasia #2" , Awalan Buat Perkenalan Album Penuh Keenam yang akan Segera Rilis dalam Waktu Dekat

Adminymous
Wed, 04 Sep 2024

Album penuh pertama RAN dalam delapan tahun terakhir, akan segera datang. Double single  Rahasia #1 dan Rahasia #2 jadi pengawal ceritanya.

Tidak terasa, RAN sudah absen merilis album penuh dalam interval waktu tersebut.  Pedal gas yang diinjak oleh Rayi, Asta dan Nino, sama sekali tidak melemah, malah menguat.  Mereka tetap jadi salah satu band paling sibuk di Indonesia. Tapi, tetap ada ruang kosong  yang ditinggalkan karena fokus pada urusan manggung; merilis karya.  

Inisiatif kolektif kemudian membuat mereka menginjak rem, kembali melakukan workshop  dan menulis lagu bersama.

“Emang kita bertiga sudah merasa terlalu lama nggak ngeluarin album. Kita udah pernah coba  bikin single-single, tapi itu kayak bukan DNAnya RAN,” kata Rayi mengawali perbincangan.

Sekadar catatan, dalam interval delapan tahun absen bikin album baru tersebut, RAN tetap  memproduksi beberapa single lepasan.

“Awalnya tadi kita pikir dengan perkembangan zaman dan cara orang untuk merilis lagu,  single-single aja itu udah cukup untuk memperpanjang napas. Tapi untuk kali ini, kita nggak  ingin sekadar memperpanjang napas, kita pengen membuat sesuatu yang bener-bener baru.

Bikin single aja itu rasanya kayak extended version dari apa yang orang lihat dari kita. Kalau  bikin album kayak terlahir kembali dengan konsep yang benar-benar baru,” timpal Nino.

Kesepahaman itu, kemudian mengantarkan tiga orang personil RAN untuk fokus mengerjakan  album penuh keenam mereka. Album itu akan dirilis pada 23 Oktober 2024 an berjudul Teater Nestapa.

Pada 4 September 2024 publik bisa mulai mendengarkan double single bertajuk  Rahasia #1 dan Rahasia #2 yang diambil dari album tersebut.

“Seperti judulnya, double single ini ceritanya tentang rahasia, tentang ketika kita dihadapkan  pada situasi dalam kisah segitiga,” lanjut Nino.

“Cinta tuh nggak sesederhana saling menyayangi satu sama lain. Apalagi kalau hubungannya  sudah lama. Ada banyak konflik batin yang terjadi di dalam diri sendiri. Kayak kita punya  kekaguman sama orang lain, penasaran sama dia. Nah, Rahasia #1 cerita tentang orang yang tergoda untuk punya hubungan dengan orang lain, sementara Rahasia #2 dari perspektif

sebaliknya, ‘Masa gue cuma jadi orang yang jadi rahasia untuk pasangannya sih?’” cerita Rayi.

Tema-tema cinta yang tidak biasa ini, kemudian menjadi benang merah yang coba dihadirkan  RAN di album baru mereka.

Nino menjelaskan lagi, “Di album baru ini konsepnya lumayan unik. Dulu orang tahunya RAN  grup musik yang warna-warni dan ceria. Sekarang kita bikin album yang judulnya Teater  Nestapa, sesuatu yang kebalikan apa yang mereka tahu tentang RAN.”

Untuk memastikan isinya, tentu kita harus menunggu album barunya datang secara utuh.

Rahasia #1 dan Rahasia #2 adalah teaser yang cukup terang benderang untuk menjelaskan  sisi berikutnya dari pengkaryaan RAN di industri musik Indonesia