Semarak Penonton di Stadion Palaran Samarinda Buka Rangkaian Tur Sheila On 7 "Tunggu Aku Di”
Review

Semarak Penonton di Stadion Palaran Samarinda Buka Rangkaian Tur Sheila On 7 "Tunggu Aku Di”

Adminymous
Tue, 30 Jul 2024

Samarinda, 30 Juli 2024 – Setelah menunggu hampir satu dekade, penggemar Sheila On 7 di Kalimantan Timur akhir melepas kerinduan mereka akan band kesayangan pada Sabtu (27/7). Sheila On 7 menjadikan Samarinda sebagai kota pembuka rangkaian tur bertajuk Sheila On 7 “Tunggu Aku Di”. Dipromotori oleh Antara Suara dan Goldlive Indonesia, momen konser ini terasa begitu spesial, hangat, dan dekat.

 

Sheila On 7 langsung memompa adrenalin 20 ribuan penonton yang memenuhi Stadion Utama Kaltim Palaran sejak tabuhan drum di lagu pembuka. Kala itu, penonton hanya dapat melihat siluet Duta, Erros, dan Adam dari balik tirai. Setelah menyelesaikan 1 bait lagu Pejantan Tangguh, tahu-tahu tirai terbuka, pyro diletuskan dan confetti dilepaskan. Barulah Sheila On 7 terpampang nyata di depan mata. Mengutip komentar fans di kolom komentar Instagram, peristiwa itu sungguh “menyala”.

 

Setelahnya menjadi cerita baru dan haru biru. Teriakan, tangisan, loncatan, dilakukan penonton silih berganti dengan tawa, dansa, dan pelukan manja melingkari pinggang maupun bahu. Stadion Palaran bergetar dan bergemuruh 2 jam non-stop hingga Sheila On 7 menyelesaikan hits “Tunggu Aku Di Jakarta” yang dipilih untuk menutup konser Sheila On 7 “Tunggu Aku Di Samarinda”.

 

“Di saat, mungkin, di Samarinda banyak tempat untuk melepaskan malam minggu, tapi kalian milih datang ke Palaran untuk menonton Sheila on 7. Dimanapun kalian berada, berbahagialah dan bernyanyilah untuk Sheila On 7 malam hari ini,” ungkap Duta dari atas panggung berterima kasih atas sambutan yang didapatkan dari penggemar di Samarinda.

 

Total sebanyak 21 lagu dinyanyikan. Beberapa lagu rare dibawakan, seperti Berai dan Temani Aku. Sejumlah aransemen baru juga memberikan sentuhan hangat di udara sejuk kawasan Stadion Palaran. Malam itu, sejumput kebahagiaan merasuki hati Sheila Gank yang hadir hingga perjalanan mereka pulang.

 

Sakti tampil melepas rindu

 

Urusan rindu, Sheila On 7 jadi biangnya malam itu. Sejak awal rencana konser ini diumumkan, berulang kali Adam Subarkah (bassis Sheila On 7) menyampaikan bahwa band ini sungguh rindu berjumpa dengan seluruh anggota Sheila Gank. Wabilkhusus dengan Sheila Gank di Samarinda, Makassar, Pekanbaru, Medan, dan Bandung yang sengaja dipilih sebagai kota tujuan konser tahun ini.

 

Belum usai Duta, Erros, Adam  dan Sheila Gank saling melepas kerinduan, Saktia Ari Seno muncul di panggung dengan gitarnya. Mantan gitaris Sheila On 7 itu ternyata turut dibawa ke Samarinda untuk memainkan 2 lagu penuh arti. Lagu Temani Aku dari album kedua ‘Kisah Klasik Untuk Masa Depan’ serta Dan dari album perdana ‘Sheila On 7’ disajikan bersama dengan racikan gitar Sakti.

 

Histeria seru jadi pemandangan di lagu ke-17 dan 18 dalam pertunjukan ini. Sheila Gank yang memenuhi lapangan dan tribun Palaran sepakat kehadiran Sakti memberikan arti lebih pada dua lagu tersebut. Apalagi celoteh dan candaan natural Sakti di jeda lagu dengan ketiga Bapak-Bapak, panggilan sayang dari fans kepada member Sheila On 7, sudah begitu jarang disaksikan. Kejutan yang seru, lucu dan menggemaskan.

 

Fasilitas

Suksesnya penyelenggaraan konser Sheila On 7 “Tunggu Aku Di Samarinda” tidak terjadi begitu saja. Pasalnya Stadion Utama Kaltim Palaran sudah 16 tahun absen sebagai venue penyelenggaraan event berskala besar yang dihadiri puluhan ribu penonton. Namun, promotor bersama Pemerintah Kota dan Polres Samarinda, serta seluruh mitra dalam konser ini bekerjasama bahu-membahu melakukan perbaikan dan penataan stadion untuk menyambut masyarakat penggemar Sheila On 7.

 

“Kami sangat senang kehadiran kami di Samarinda disambut dengan hangat, terlebih dengan diizinkannya kami menggunakan Stadion Palaran sebagai venue konser pembuka. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, khususnya Pemerintah Kota Samarinda, Kepolisian Resor Samarinda dan seluruh mitra dalam konser ini yang sangat membantu penyelenggaraan konser ini,” ungkap Andri Verraning Ayu, CEO Antara Suara yang jadi promotor tur Sheila On 7 “Tunggu Aku Di”.

 


Kembang Api Kala Konser Sheila on 7 di Stadion Palaran (Dok: Antara Suara)

 

Konser Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

 

Penyelenggaraan konser Sheila On 7 “Tunggu Aku Di” turut memberikan dampak positif pada sektor pariwisata dan perekonomian di Samarinda. Berdasarkan data demografi audiens dari loket, setidaknya 50% persen penonton berasal dari luar Kalimantan seperti Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Riau, juga dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei. Bahkan, kala penyelenggaraan acara, menemukan kamar hotel bukanlah hal yang mudah, sold out.

 

Menurut data BPS Kalimantan Timur, di Samarinda sendiri terdapat 2.545 kamar yang tersebar di seluruh hotel berbintang di Kota Tepian. Jumlah tersebut belum termasuk penginapan non-bintang.

 

Diperkirakan dari penyewaan kamar hotel, tiket pesawat, persewaan mobil, kuliner, serta hal lainnya, konser Sheila On 7 “Tunggu Aku Di Samarinda” menggerakkan perekonomian dalam jumlah besar selama kurun waktu penyelenggaraan konser.

 

Bank bjb sebagai bank partner dalam penyelenggaraan acara ‘Tunggu Aku Di’ menyatakan transaksi di venue Stadion Palaran di malam itu saja, tercatat lebih dari 1 miliar untuk pembelian makanan & minuman di stand UMKM, merchandise, serta tabungan.

 

Secara terpisah, dalam sesi "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2024), Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi atas rencana penyelenggaraan tur konser Sheila On 7 “Tunggu Aku Di” yang dimulai di kota Samarinda. “Konser Sheila On 7 ini luar biasa,” ucapnya lugas pada kesempatan tersebut.

 

“(Konser) ini membantu pergerakan wisatawan nusantara. Juga membantu pergerakan wisatawan mancanegara,” tambahnya menjelaskan tentang potensi sebuah konser besar dalam roda pariwisata kota tujuan.

 

 

— Akhir —

 

Tentang Antara Suara:

Antara Suara adalah promotor musik yang fokus pada penyelenggaraan konser tunggal dan tour musisi Indonesia. Mengusung semangat ‘Berada di antara semua musik Indonesia’, Antara Suara telah sukses menggelar Berbagai konser, antara lain Konser 30 Tahun Dewa 19, konser tunggal Sheila On 7, album tour Hindia “Lagipula Hidup Akan Berakhir”, konser 17 tahun RAN, dan sejumlah festival musik lainnya.

 

Tentang GoldLive:

GoldLive adalah sebuah live entertainment ecosystem yang bergelut di bidang musik dan entertainment (festivals, exhibitions, conferences) untuk artis lokal dan internasional sejak 2019. GoldLive selalu membawa semangat untuk berkolaborasi membangun ekosistem hiburan dengan mitra yang memiliki visi yang sama. GoldLive cukup sukses menggelar berbagi konser dan festival antara lain Konser Richard Marx “The Songwriter Tour”, Konser The Rose “Dawn to Dusk Asia Tour”, dan Festival Swara Prambanan.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Danty Larasati

Associate, PositiVibe PR

E: danty@ourpositivibe.com

M : +62 895-3461-43008